Tasmania terancam punah

SYDNEY: Setan Tasmania (Tasmanian Devil), salah satu spesies asli yang menjadi ciri khas Australia dan marsupial karnivora terbesar yang bertahan hidup, akan dimasukkan ke daftar hewan terancam punah, demikian pengumuman Menteri Lingkungan Hidup Australia Peter Garret, Jumat (22/5).

Sebelumnya, Setan Tasmania dimasukkan ke dalam daftar hewan rentan. "Keputusan saya untuk menaikkan daftar Setan Tasmania dilandasi atas saran dari Komite Ilmu Pengetahuan Spesies Terancam, yang mendaftarkan Penyakit Tumor Muka Setan sebagai ancaman utama terhadap hewan tersebut," kata Garret sebagaimana dilaporkan kantor berita China, Xinhua.

Garret mengatakan, "Penyakit ini telah mengakibatkan kemerosotan sebanyak 70 persen populasi Setan Tasmania sejak penyakit itu pertama kali ditemukan pada 1996."

Setan Tasmania , juga disebut dalam bahasa Inggris Tasmanian Devil, merupakan binatang marsupial karnivora yang kini hanya terdapat di negara bagian pulau Tasmania di Australia. Setan Tasmania adalah satu-satunya anggota keluarga Sarcophilus yang masih hidup.

Sejak akhir 1990-an penyakit Tumor Muka Setan Tasmania telah mengurangi populasinya secara drastis dan kini mengancam kelangsungan hidup spesies tersebut. (Antara/Xinhua)

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom