Tarif Turun, Pemkot Madiun Naikkan Target 60.000 Warga Dites Swab Antigen 

Dengan anggaran tetap, yakni Rp6 miliar, Pemkot Madiun menaikkan target swab test bagi warga hingga dua kali lipat karena tarif turun.

 Siswa SMPN 4 Kota Madiun menjalani rapid test sebelum mengikuti pembelajaran tatap muka, Kamis (5/11/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

SOLOPOS.COM - Siswa SMPN 4 Kota Madiun menjalani rapid test sebelum mengikuti pembelajaran tatap muka, Kamis (5/11/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN — Pemerintah Kota Madiun menambah jumlah target rapid test antigen dari 30.000 menjadi 60.000 orang. Hal ini setelah harga swab antigen tersebut turun menjadi sekitar Rp100.000 per tes.

Pemkot Madiun telah menganggarkan sekitar Rp6 miliar untuk pembelian rapid test antigen. Dengan asumsi saat itu harga tes Rp200.000 per sekali periksa, tetapi dalam perkembangannya tarif swab antigen itu turun menjadi sekitar Rp100.000.

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan untuk menggencarkan pencarian warga yang terpapar Covid-19, pemkot melakukan tes antigen massal. Pemkot menyediakan 60.000 swab antigen bagi masyarakat.

Saat ini, pemkot menggandeng 14 laboratorium swasta untuk melaksanakan program tersebut. Dia manargetkan dalam sehari bisa memeriksa menggunakan swab antigen sebanyak 1.400 orang.

Baca Juga: Pandai Mendongeng, Siswi SD Kota Madiun ini Sabet Juara Lomba Bertutur Nasional

“Ada 14 laboratorium swasta yang kita ajak kerja sama. Jika masing-masing laboratorium itu paling tidak melaksanakan pemeriksaan swab 100 orang per hari, jadi ada 1.400 orang yang diperiksa setiap hari,” kata dia, Jumat (10/9/2021).

Selesai 2 Bulan

Maidi pun menargetkan pemeriksaan swab massal ini bisa selesai dalam waktu dua bulan. Masyarakat yang dites swab antigen ini diprioritaskan warga yang sedang sakit. Namun, pemerintah juga melakukan pemeriksaan secara acak di tempat-tempat umum. Seperti pada Jumat dilakukan di Lapangan Gulun.

Harapannya, pedagang yang berjualan di tempat-tempat umum itu dipastikan sehat. Hal ini penting supaya tidak menulari masyarakat yang beraktivitas di lingkungan tersebut.

“Kalau ada yang positif langsung kita rawat. Biar tidak nulari. Tidak apa-apa rumah sakit penuh dan BOR kita naik. Kalau segera ditangani, segera sembuh, pasti BOR-nya juga akan turun lagi,” jelas dia.

Baca Juga: Ibu di Banyuwangi Buang Bayi ke Sumur, Aksinya Terekam CCTV

Turun Level

Dia berharap Kota Madiun bisa segera masuk ke level 2 dan nantinya ke level 1. Namun, penurunan level PPKM tersebut benar-benar diikuti dengan kondisi riil di masyarakat.

“Kalau nanti kita level satu, ya level satu yang beneran. Bukan turun naik lagi, turun lagi. Makanya ini kita kejar, kita cari sebanyak-banyaknya. Biar segera kita tahu berapa yang sakit dan segera diobati,” jelasnya.

Data dari Satgas Covid-19 Kota Madiun, Jumat, ada penambahan kasus positif tujuh orang. Sedangkan angka kesembuhan bertambah 27 orang. Kasus aktif di Kota Madiun ada 58 orang yang dirawat di rumah sakit dan 75 orang di isolasi terpadu.


Berita Terkait

Berita Terkini

Sopir Ngantuk, Mobil Tabrak Median Jalan di Ponorogo Hingga Terbalik

Sopir mobil mengantuk hingga menabrak median jalan di Jalan Sultan Agung, Ponorogo, pada Kamis (14/10/2021) pukul 23.30 WIB.

Yang Mau ke Banyuwangi, KA Mutiara Timur Jalan Lagi... Catat Jadwalnya

PT KAI kembali mengoperasikan KA Mutiara Timur rute Ketapang-Yogyakarta untuk mendukung geliat pariwisata di Banyuwangi.

Bawa Pulang 110 Emas, Jawa Timur Peringkat 3 PON XX Papua

Kontingen Jatim mendapatkan juara tiga dalam klasemen akhir perolehan medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua dengan perolehan 110 medali emas.

Karam Sejak 1936, Bangkai Kapal Van Der Wijck Akhirnya Ditemukan

Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) akhirnya menemukan bangkai kapal Van der Wijck yang tenggelam di perairan Lamongan.

Pemkot Madiun Gelar Vaksinasi Covid-19 di Pasar Besar, Syaratnya WNI

Pemkot Madiun menyiapkan 500 dosis vaksin Covid-19 menyasar pedagang dan pengunjung Pasar Besar Madiun, Jumat (15/10/2021).

DBHCHT Madiun untuk Tingkatkan Kapasitas dan Kualitas Petani Tembakau

DBHCHT Kabupaten Madiun diwujudkan dalam bentuk program dan bantuan alat produksi untuk petani tembakau di Desa Kedungmaron, Kecamatan Pilangkenceng.

Tega! Mahasiswi Kebidanan di Malang Buang Bayi Sendiri

Seorang mahasiswi kebidanan di Kabupaten Malang, Jawa Timur (Jatim) tega menjadi pelaku pembuangan bayi yang baru saja dilahirkannya.

34 Daerah di Jatim Level 1 PPKM, Begini Reaksi Gubernur Khofifah

Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, menyebut 34 daerah di Jatim sudah masuk PPKM Level 1.

Anak Madiun Dihamili Makhluk Halus? Pelaku Mengaku Sudah Berkali-kali

Polres Madiun mengungkap kasus anak perempuan di Madiun berusia 14 tahun yang disebut-sebut dihamili makhluk halus hingga melahirkan.

Beroperasi Agustus 2022, Ini Teknologi yang Disematkan di LRT Jabodebek

LRT Jabodebek bikinan PT Inka Madiun menggunakan teknologi tinggi dibandingkan teknologi perkeretaapian lain di Indonesia.

Pohon dan Ijuk Penutup Tak Ketemu, Gimana Nasib Sendang Kuncen Madiun?

BPCB Jatim tidak menemukan bagian bawah pohon dan ijuk penutup sumber mata air Sendang Kuncen Madiun di Sendang Kuncen, Kecamatan Taman, Kota Madiun dalam ekskavasi tahap kedua.

Pilkades 143 Desa di Madiun Digelar 20 Desember 2021

Ada 143 desa di Kabupaten Madiun yang akan menggelar pemilihan kepala desa atau Pilkades pada akhir 2021.

Ekskavasi Sendang Kuncen, BPCB Jatim: Tak Ada Bukti Cagar Budaya

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur tidak menemukan sumber mata air dalam ekskavasi tahap kedua di Sendang Kuncen, Kecamatan Taman, Kota Madiun.

PT Inka Madiun Selesaikan 31 Train Set LRT Jabodebek, Siap Menjajal?

PT Inka Madiun telah menyelesaikan pesanan 31 train set LRT Jabodebek yang rencananya mulai beroperasi pada 2022.

Geger! Siswi SMP di Madiun Dihamili Makhluk Halus, Ini Faktanya

Kisah misteri tentang siswi SMP di Madiun yang kabarnya dihamili makhluk hingga melahirkan akhirnya terungkap.