Kategori: Klaten

Tarif Rp30.000, Sehari 100-150 Orang Ikuti Tes GeNose di Stasiun Klaten


Solopos.com/Ponco Suseno

Solopos.com, KLATEN -- Penumpang Kereta Api (KA) antusias mengikuti pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Klaten dalam beberapa waktu terakhir. Pemeriksaan GeNose di Stasiun Klaten dimulai sejak akhir Maret 2021.

"Di Stasiun Klaten, bisa mencapai 100 orang-150 orang setiap harinya [mengikuti pemeriksaan GeNose C19]. Di Stasiun Klaten sudah dimulai, 30 Maret 2021. Tarif pemeriksaan senilai Rp30.000," kata Kepala Stasiun Klaten, Sutopo, kepada Solopos.com, Jumat (23/4/2021).

Diberitakan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah 21 stasiun yang dapat melayani pemeriksaan GeNose C19 sejak 30 Maret 2021. Di antara stasiun yang ditunjuk dapat memberikan pelayanan GeNose tersebut, yakni Stasiun Klaten.

Baca juga: Pemkab Klaten akan Pasang Alat Deteksi Covid-19 di Perbatasan

Penambahan tersebut merupakan sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara PT KAI dan Indofarma melalui anak usahanya Farmalab. Total stasiun yang dapat melayani pemeriksaan GeNose C19 mencapai 44 stasiun.

Selain Stasiun Klaten, sejumlah stasiun yang dapat melayani pemeriksaan GeNose C19, seperti di Stasiun Banjar, Stasiun Tasikmalaya, Stasiun Jatibarang, Stasiun Pekalongan, Stasiun Cepu, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen, Stasiun Sidareja, Stasiun Kroya, Stasiun Wates, Stasiun Purwosari, Stasiun Blitar, Stasiun Kediri, Stasiun Tulungagung, Stasiun Kertosono, Stasiun Nganjuk, Stasiun Lamongan, Stasiun Mojokerto, Stasiun Kalisetail, Stasiun Probolinggo.

Di waktu sebelumnya, terdapat 23 stasiun yang telah melayani pemeriksaan GeNose C19. Masing-masing Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bekasi, Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Semarang Poncol.

Baca juga: Lahan Milik Sekda Klaten Terdampak Tol Solo Jogja, Berapa Ganti Ruginya?

Selain itu Stasiun Tegal, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Madiun, Stasiun Jombang, Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Malang, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Jember, dan Stasiun Ketapang.

Wajib Memiliki Tiket

Setiap calon penumpang KA yang ingin memperoleh pelayanan GeNose C19 harus mengantongi beberapa persyaratan. Di antaranya, yang bersangkutan wajib memiliki tiket atau pun kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas terlebih dahulu.

Di samping itu diwajibkan tidak boleh merokok, tidak makan, tidak minum kecuali air putih selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Baca juga: Mulai Hari Ini Stasiun Klaten dan Purwosari Solo Layani Tes GeNose C19

Sebelumnya, Manager Humas PT KAI Daops VI Jogja, Supriyanto, mengatakan pemberian sekaligus penambahan pelayanan pemeriksaan GeNose C19 hingga mencapai 44 stasiun merupakan komitmen PT KAI dalam memberikan pelayanan ke pelanggan sebagai syarat bepergian dengan menumpang KA di tengah pandemi Covid-19.

"Masyarakat memang antusias dengan produk buatan Indonesia ini. Hal itu disebabkan prosesnya yang mudah, cepat, nyaman, dan harganya terjangkau. Dengan semakin banyaknya stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini, diharapkan dapat mendukung kebutuhan masyarakat yang ingin bepergian dengan kereta api sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah," kata Supriyanto.

Baca juga: Polsek Jatinom Klaten Gencarkan Patroli Subuh Demi Cegah Kerumunan

Share
Dipublikasikan oleh
Rohmah Ermawati