SOLOPOS.COM - Calon penumpang antre untuk mendapatkan layanan tes Covid-19 GeNose di Stasiun Solo Balapan, Senin (15/2/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO—Tarif layanan pemeriksaan GeNose Covid-19 di stasiun untuk para penumpang kereta api (KA) jarak jauh naik mulai Sabtu (20/3/2021). Setelah 1 bulan lebih diterapkan tarif khusus atau pre-launching sebesar Rp20.000, maka harga pemeriksaan GeNose C19 menjadi Rp30.000.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan KAI akan semakin meningkatkan pelayanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun dengan secara bertahap, antara lain menambah lokasi pemeriksaan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Selain itu, sebagai bentuk peningkatan pelayanan, pemeriksaan GeNose C19 di stasiun nantinya akan terintegrasi dengan ticketing system KAI. Dengan begitu, hasil pemeriksaan GeNose C19 pelanggan tersebut akan otomatis muncul pada layar boarding petugas. Saat ini fitur tersebut sedang dalam tahap finalisasi,” ujar dia, kepada wartawan, Kamis (18/3/2021).

Baca Juga: Yeay, KRL Jogja - Solo Tambah 6 Perjalanan Akhir Pekan Ini

Syarat Pemeriksaan

Joni menambahkan KAI juga menambah 9 stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 per Sabtu (20/3/2021). Sebanyak enam stasiun di antaranya merupakan kerja sama antara KAI dan anak perusahaan Indofarma, Farmalab, yakni di Stasiun Bekasi, Kiaracondong, Cirebon Prujakan, Tegal, Kutoarjo, dan Lempuyangan. Sedangkan tiga stasiun lainnya adalah kerja sama antara KAI dan Rajawali Nusindo (RNI), yakni di Stasiun Semarang Poncol, Jombang, dan Sidoarjo.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta, Supriyanto, menambahkan di wilayahnya penambahan lokasi pemeriksaan akan berada di Stasiun Lempuyangan. Menurutnya, penambahan lokasi pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Lempuyangan ini, bermanfaat untuk membagi masyarakat pelanggan KA yang selama ini terkonsentrasi di Stasiun Yogyakarta.

Dengan adanya penambahan ini, total stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 menjadi 23 stasiun. Sebelumnya, terdapat 14 stasiun telah melayani pemeriksaan GeNose C19, yakni Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Jember, dan Ketapang.

Baca Juga:  Kementan Lakukan Upaya Serap Gabah Petani Di Banten

“Hasil pemeriksaan GeNose C19 di 23 stasiun tersebut dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA jarak jauh. Penyediaan pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan komitmen KAI terhadap kebijakan pemerintah terkait persyaratan naik KA jarak jauh sesuai SE Satgas Covid-19 No 7 tahun 2021 dan SE Kemenhub No 20 Tahun 2021,” papar dia.

Supriyanto menjelaskan untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas, tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Baca Juga:  Uang Kripto Paling Populer Di Indonesia, Apa Benar Bisa Bikin Kaya Mendadak?

Selain itu, untuk menggunakan KA jarak jauh pelanggan diharuskan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau rapid test antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

Khusus untuk keberangkatan pada hari libur keagamaan dan libur panjang diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif skrining Covid-19 yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

“Kami juga mengimbau kepada pelanggan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan untuk memutus penyebaran Covid-19 di moda transportasi kereta api,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya