Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo membagikan lembaran pemberitahuan kepada warga, juru parkir, dan pemilik toko saat sosialisasi perubahan zona parkir di Jl. Yos Sudarso, Solo, Kamis (27/12/2018).

Solopos.com, SOLO—Kemudian, ruas jalan yang sebelumnya masuk zona parkir E menjadi D, serta semua ruas jalan di tepi jalan umum selain zona-zona itu menjadi zona E. Atas dasar itulah, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo menggelar sosialisasi kepada masyarakat, pelaku usaha, karyawan dan pengelola di Jl. Yos Sudarso, kompleks pertokoan Nonongan, Kamis (27/12/2018). Sosialisasi dilakukan bergelombang sejak pekan lalu hingga akhir tahun mendatang.

Kasi Parkir Umum dan Khusus Dishub Solo, Henry Satya Negara, mengatakan perubahan itu dilakukan berdasarkan SK Kepala Dishub No. 551.2/3567 yang menggantikan SK No. 551.2/ 2578.A tentang Penetapan Zona Parkir di Tepi Jalan Umum tertanggal 29 Desember 2011.

Sebanyak 17 ruas jalan yang statusnya berubah dari Zona D menjadi Zona C, meliputi Jl. Urip Sumoharjo, Jl. Kapten Mulyadi, Jl. Yos Sudarso, Jl. dr. Rajiman, Jl. Veteran, Jl. Gatot Subroto, Jl. Sutan Syahrir, Jl. R.M. Said, Jl. Piere Tendean, Jl. dr. Moewardi, Jl. S. Parman, Jl. R.E. Martadinata, Jl. Brigjen Sudiarto, Jl. Gajahmada, Jl. Honggowongso, Jl. Suryo Pranoto, dan Jl. Sutowijoyo.

“Perubahan zona tentu juga diikuti kenaikan tarif parkir. Per 1 Januari 2019, tarif parkir per jam untuk zona C Rp3.000 untuk mobil dan Rp2.000 untuk motor. Sedangkan di zona D, mobil Rp2.000 dan motor Rp1.500, serta untuk zona E, mobil Rp1.500 dan motor Rp1.000,” kata dia saat ditemui Espos di sela-sela sosialisasi.

Salah seorang petugas parkir di Jl. Yos Sudarso, Yuni, menyebut perubahan zona diikuti kenaikan tarif parkir tak akan berpengaruh. Selama ini pengendara sepeda motor yang parkir di wilayahnya biasa membayar Rp2.000. Kendati begitu, masih banyak pula yang membayar Rp1.000 atau sesuai peraturan Rp1.500.

“Apalagi kalau sudah langganan itu menghitungnya enggak lagi jam-jaman. Sesukanya dia. Mau ngasih Rp1.000, Rp1.500, ya boleh. Tapi kalau sudah begini otomatis setoran naik. Saya akan sampaikan tarif parkir naik,” kata dia.

Avatar
Editor:
Syifaul

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten