SOLOPOS.COM - Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, menerima piala presiden bergilir Festival Nasional Reog Ponorogo dari juara pertama pada gelaran tahun 2015, Minggu (25/9/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Grebeg Suro 2016 secara resmi telah dibuka oleh Menteri Desa PDT dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo.

Madiunpos.com, PONOROGO—Agenda Grebeg Suro 2016 di Ponorogo secara resmi telah dibuka, Minggu (25/9/2016) malam. Tarian kolaborasi dari berbagai daerah dan pesta kembang api menjadi awal pembuka gelaran nasional yang akan berlangsung mulai Senin (26/9/2016) hingga Selasa (4/10/2016).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pembukaan Grebeg Suro 2016 yang digelar di Alun-alun Ponorogo itu dihadiri ribuan warga kabupaten yang berjuluk Kota Reog itu. Bahkan warga rela menonton gelaran akbar itu di luar pagar lokasi acara, karena tempat duduk yang disediakan sudah terisi.

Ekspedisi Mudik 2024

Pembukaan Grebeg Suro 2016 sempat diwarnai hujan dengan intensitas sedang. Hujan yang mengguyur arena itu pun sempat geger, ratusan pengunjung memilih meninggalkan tempat duduk dan mencari tempat untuk berteduh. Beberapa pengunjung terlihat mengeluarkan payung untuk melindungi diri dari air hujan.

Sebelum pembukaan Grebeg Suro 2016, puluhan penari melakukan atraksi di panggung utama alun-alun setempat. Mereka membawakan berbagai jenis tarian, seperti reog Ponorogo, atraksi barongsai, tari piring, dan tari tradisional lainnya.

Pembukaan Grebeg Suro 2016 dihadiri Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, dan sejumlah kepala daerah tetangga seperti Madiun, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, dan lainnya.

Kemeriahan pembukaan agenda tahunan ini sudah tampak saat puluhan penari memamerkan kebolehannya. Selain itu, pesta kembang api juga menjadi pembuka gelaran itu. Lebih dari 10 menit, langit Ponorogo diwarnai dengan berbagai kembang api yang cantik.

Grebeg Suro 2016 dibuka secara langsung Menteri Desa PDT dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo. Sebelumnya, piala presiden Festival Nasional Reog Ponorogo XXII juga diserahkan dari juara pada tahun lalu kepada Bupati Ponorogo.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, mengatakan Grebeg Suro 2016 dikonsep secara berbeda dibandingkan gelaran serupa pada tahun-tahun sebelumnya. Salah satu yang membedakan yaitu pada gelaran Grebeg Suro tahun ini akan menghadirkan Habib Syech dalam agenda Bumi Reog Berselawat dan musisi Iwan Fals dalam agenda Konser Budaya.

“Grebeg Suro tahun ini juga spesial karena secara langsung dihadiri salah satu pejabat dari pemerintah pusat,” ujar Ipong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya