SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Tari Tortor dan alat musik Gondang Sambilan asal Mandailing, Sumatera Utara/ akan didaftarkan ke Unesco dalam satu paket sebagai warisan budaya Indonesia. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendu Nuryanti hari ini, Kamis (21/6) mengatakan, pengajuan sebuah produk budaya untuk masuk dalam catatan Unesco dilakukan setiap tahun pada bulan Maret. Hal ini menjadi kesempatan pengajuan tari tortor dan alat musik Gondang Sambilan dipercepat.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, polemik klaim budaya Indonesia oleh negara lain menghangat akhir-akhir ini, setelah kantor berita Bernama di Malaysia melansir keinginan pemerintah Malaysia untuk mematenkan budaya tari Tortor dan alat musik gondang sambilan. Menteri Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan, Datuk Seri Rais Yatim berencana mendaftarkan kedua budaya masyarakat Sumatera Utara itu dalam Seksyen 67 Akta Warisan Kebangsaan 2005. [tempo/rda/bet-mg]

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya