SOLOPOS.COM - Ilustrasi, mengurus kartu keluarga dan akta kelahiran (JIBI/SOLOPOS/Indah Septiyaning W)

Madiunpos.com, PONOROGO — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ponorogo membuka pelayanan keliling atau Yanling untuk pengurusan berkas administrasi kependudukan. Disdukcapil menargetkan sampai akhir tahun 2019 semua anak di Ponorogo memiliki akta kelahiran.

Kepala Bidang Pelayanan Disdukcapil Ponorogo, Suwadi, mengatakan untuk saat ini pembuatan akta belum 100%. Untuk warga berusia 0 hari-18 tahun masih 92,77% dan warga berusia 0 hari sampai 1 tahun masih 91,69%.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pelayanan keliling menjadi upaya untuk itu [target 100% anak memiliki akta kelahiran]. Kami berharap sampai akhir tahun nanti warga berusia 0 hari sampai 18 tahun dan usia 0 hari sampai satu tahun bisa 100%,” kata dia dalam siaran pers yang dikutip Madiunpos.com, Kamis (26/9/2019).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga:

Lewat Roadshow Bus KPK, Pemkab Ponorogo Ingin Edukasi Antikorupsi Sejak Dini

Pemkab Ponorogo Gagas Perbup Pendidikan Antikorupsi Di Sekolah

Dia menuturkan pelayanan keliling periode September ini dilaksanakan di empat lokasi yaitu di Kecamatan Ngrayun pada Senin (24/9/2019), Kecamatan Balong pada Selasa (25/9/2019), Kecamayan Sambit pada Rabu (26/9/2019), dan Kecamatan Bungkal pada Kamis (27/9/2019).

Suwadi menuturkan layanan ini untuk memperluas cakupan dan mendekatkan layanan berkas administrasi kependudukan ke warga. Hal ini karena ada sejumlah desa yang lokasinya jauh dari Kantor Disdukcapil.

Warga yang berkasnya sudah lengkap dan benar bisa segera dilayani. Saat ada yang kurang bisa dilengkapi terlebih dahulu di kantor desa. Sedangkan untuk akta kelahiran bisa dibuatkan surat keterangan kelahiran oleh bidan desanya.

Yanling ini juga bisa melayani pembuatan kartu keluarga dan pembuatan akta kematian. Semua bisa langsung diterbitkan di lokasi pelayanan setelah berkas memenuhi syarat. Petugas yang menangani Yanling ada enam orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya