SOLOPOS.COM - DIMINATI MASYARAKAT -- Suasana penyelenggaraan pameran otomotif Most Auto Show di Solo Square. (JIBI/SOLOPOS/dok)

Solo (Solopos.com) – Pameran ke-5 Masyarakat Otomotif Surakarta (Most) di Solo Square diperpanjang dua hari, hingga Rabu (16/11/2011). Sedianya pameran tersebut hanya berlangsung 11 hari, yakni 4-14 November.

DIMINATI MASYARAKAT -- Suasana penyelenggaraan pameran otomotif Most Auto Show di Solo Square. (JIBI/SOLOPOS/dok)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, animo masyarakat yang tinggi dan keinginan diler untuk tidak melewatkan peluang pasar yang tengah bergerak positif, membuat penyelenggara menambah hari pameran menjadi 13 hari. Sementara, panitia Pameran ke-5 Most mencatat penjualan mobil selama 11 hari utama pameran melebihi target. “Target awalnya 150 unit terjual selama 11 hari pameran, ternyata terjual sampai 156 unit. Jadi lewat target,” ungkap Ketua Most, Ibnu R Sahoer, saat ditemui wartawan, di sela-sela pameran Most, Selasa (15/11/2011).
Ekspedisi Mudik 2024

Melihat capaian tersebut, Ibnu meyakini dalam dua hari tambahan, penjualan mobil akan terus mengalir. Ibnu tidak bisa memproyeksi seberapa besar angka penjualan dalam kurun dua hari tersebut, namun pihaknya optimistis. Apalagi dengan adanya sejumlah merek mobil yang belum lama ini merilis varian baru, salah satunya All New Xenia. “Satu diler itu saya dalam sejam setelah diluncurkan langsung ada dua atau tiga pemesanan,” ujar dia.

Di sisi lain, tambahan dua hari pameran rupanya tidak diikuti satu merek dari 12 peserta Pameran ke-5 Most, yakni BMW. Pihak BMW beralasan telah memiliki agenda di lokasi lain sehingga terpaksa menarik unit yang selama 11 hari dipamerkan. Branch Manager Astra BMW Area Jateng-DIY, Saryono, saat dihubungi Espos, Selasa, mengatakan pihaknya tidak dapat meneruskan ikut pameran lantaran harus beralih ke agenda di lokasi lain.

“Tiap bulan kami punya agenda di beberapa lokasi. Semua sudah di-setting, minggu ini mau ke mana, minggu besok ke mana. Kalau diperpanjang dua hari, ya sulit juga. Semestinya rencana ini disampaikan sejak awal,” beber Saryono

Kendati demikian, dia memberikan apresiasi positif atas tanggapan publik Soloraya terhadap Pameran ke-5 Most. Pasar mobil di Soloraya dikatakannya sangat bagus. Berdasarkan catatan pihaknya, selama 11 hari pameran, sedikitnya lima unit BMW terjual. Dua unit, sama-sama BMW tipe X1, telah dikirim kepada pembeli di Kota Solo dan Klaten. Sedangkan tiga lain masih dalam proses. Untuk itu, Saryono mengakui sebenarnya sayang jika BMW tidak memanfaatkan peluang dua hari tambahan tersebut.

Di sisi lain, absennya BMW dinilai tidak akan mengurangi antusiasme masyarakat untuk meramaikan dua hari tambahan Pameran ke-5 Most. Ibnu mengatakan sejauh ini pasar mobil premium, seperti BMW, terbilang masih rendah, hanya sekitar 10%. Namun, Ibnu yakin kehadiran BMW dalam 11 hari pameran cukup menunjukkan bawah pasar mobil di Soloraya, untuk semua kelas mobil, sangat bagus. Selain BMW, pasar mobil premium juga diramaikan Volkswagen, Hyundai tipe Sonata, Toyota Fortuner, dan Honda dengan sedan premiumnya.

tsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya