SOLOPOS.COM - ilustrasi

 

JOGJA-Penerimaan pajak di DIY pada 2013 ditargetkan mampu mencapai Rp3,411 triliun. Jumlah tersebut naik sebanyak 34,87% jika dibandingkan 2012 lalu yang mencapai Rp2,529 triliun.

“Kenaikan tersebut sesuai dengan kenaikan target penerimaan secara nasional yang mencapai 30 persen,” ujar Kepala Bidang Dukungan Teknis dan Konsultasi Kanwil DJP DIY, Witarto, Selasa(19/2/2013).

Meski cukup tinggi target yang dibebankan, namun Witarto mengaku optimistis akan mencapainya. Apalagi pada 2012 lalu, untuk kali pertamanya realisasi penerimaan pajak DIY mampu menembus Rp2,529 triliun atau naik 105 % dari target sebesar Rp2,3 triliun.

“Kami akan berupaya untuk menggali potensi-potensi pajak yang lainnya di DIY,” imbuhnya.

Menurut Witarto untuk mengoptimalkan penerimaan pajak DIY, pihaknya melakukan beberapa cara. Diantaranya, dengan ekstensifikasi baik dengan pencatatan data dan penambahan jumlah objek dan subjek pajak, intensifikasi berupa penggalian, pemeriksaan dan penagihan pajak.

“Kami juga akan mengadakan penyuluhan dan sosialisasi perpajakan,” jelasnya.

Perihal penyuluhan yang akan dilakukan, ia mengungkapkan jika tahun sebelumnya sasaran penyuluhan pada sejumlah toko emas, kali ini akan menyasar pada sektor real estate. Selain itu pihaknya juga berupaya untuk melakukan peningkatan organisasi perpajakan yang selama ini masih belum optimal baik petugas pajak maupun wajib pajaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya