Target Pendapatan Daerah 2022 Naik Rp8 Miliar, Pemkot Solo Genjot Pajak

Hasil kesepakatan Pemkot dan DPRD Solo, pendapatan daerah pada APBD Perubahan 2022 dinaikkan senilai Rp8 miliar.

 Ilustrasi Pajak (Solopos)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pajak (Solopos)

Solopos.com, SOLO — Target pendapatan daerah Kota Solo pada APBD Perubahan 2022 dinaikkan senilai Rp8.046.616.248 atau 0,38 persen dari target sebelumnya Rp2.135.619.961.790. Dengan kenaikan itu, target pendapatan daerah Solo tahun ini menjadi Rp2.143.666.578.038.

Pendapatan sebesar itu terdiri dari pendapatan asli daerah (PAD) yang dinaikkan Rp4.045.187.848 dari target awal Rp736.097.873.544. Dengan kenaikan sebesar 0,55 persen itu, target PAD Solo tahun ini menjadi Rp740.143.061.392.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Kemudian pendapatan daerah Solo juga berasal dari pendapatan transfer yang naik Rp4.001.428.400 dari Rp1.399.522.088.246.
Sehingga pendapatan transfer tahun ini menjadi Rp1.403.523.516.646.

Informasi itu terungkap saat Rapat Paripurna DPRD Solo dengan agenda penyampaian laporan hasil pembahasan KUPA PPAS 2022, Senin (15/8/2022). Hadir dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo tersebut Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu ada Wawali Solo Teguh Prakosa, pimpinan organisasi perangkat daeah (OPD), dan para anggota DPRD Solo. Laporan hasil pembahasan KUPA PPAS 2022 dibacakan oleh juru bicara, Wahyu Hariyanto.

Baca Juga: Dream Theater Konser di Solo, Segini Pendapatan yang Masuk ke Pemkot

Dijelaskan sejumlah strategi pencapaian target pendapatan daerah telah disepakati antara TAPD dan Banggar DPRD Solo. Seperti dengan mengoptimalkan penggalian penerimaan pajak terhadap objek serta subjek pajak yang telah tercatat atau terdaftar.

Selain itu optimalisasi penggunaan teknologi dalam penarikan pajak dan retribusi daerah. Akan dilakukan pula pengujian terhadap wajib pajak dan digitalisasi pembayaran retribusi daerah. Pendekatan lainnya dengan mengupayakan agar calon wajib pajak yang memenuhi syarat segera terdaftar.

Minta Penurunan Target

Yang tidak kalah penting adalah optimalisasi pendapatan dari dana transfer pusat dan bantuan keuangan Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Caranya dengan meningkatkan koordinasi terhadap pemerintah pusat serta Pemprov Jateng.

Baca Juga: Aneh, Event Digeber tapi Pemkot Solo Minta Target PAD 2022 Diturunkan

Wakil Ketua DPRD Solo, Sugeng Riyanto, saat ditemui wartawan seusai rapat mengatakan target pendapatan daerah 2022 akhirnya disepakati naik sekitar Rp8 miliar. Padahal sebelumnya, Pemkot minta agar target itu diturunkan.

Dalam pembahasan bersama antara eksekutif dan legislatif, Sugeng menjelaskan sudah dihitung bersama pencapaian target pendapatan daerah pada semester I dan potensi pendapatan di semester II 2022.

Dari pembahasan itu diyakini target peningkatan pendapatan Rp8 miliar bisa direalisasikan. “Saya yakin bisa. Sudah dihitung bersama antara TAPD dengan Banggar DPRD secara terperinci. Kami yakin bisa tercapai,” ujarnya.

Baca Juga: Sidak Konser Dream Theater di Stadion Manahan, DPRD Solo Dibuat Heran

Penuturan senada disampaikan Wali Kota Gibran saat diwawancarai wartawan seusai rapat. Ihwal pengajuan penurunan target PAD 2022 oleh eksekutif menurutnya yakni dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19.

“Ya awalnya karena Covid-19 ya. Tapi semakin hari semakin membaik ya kenapa enggak dinaikkan. Ya bisa [capai target] lah,” katanya. Ihwal pos PAD yang akan digenjot lagi, menurut Gibran, semua sumber yang ada akan dimaksimalkan.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Menunggu Pelanggan, 2 PSK Paruh Baya Terjaring Operasi Pekat di Solo

      Dua perempuan pekerja seks komersial mendapatkan pembinaan setelah terjaring razia pekat Polsek Banjarsari, Solo. Keduanya bukan berasal dari Solo.

      Transformasi Jabung, Salah Satu Desa Termiskin di Sragen yang Kini Naik Kelas

      Program tuntas kemiskinan (Tumis) yang untuk kali pertama dilakukan Pemkab Sragen dinilai berhasil mengentaskan Desa Jabung di Kecamatan Plupuh dari kemiskinan. Kini semua warganya berada di atas garis kemiskinan.

      Hore! Kasus PMK Boyolali Melandai, Nol Penambahan hingga Oktober Ini

      Kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Boyolali mulai melandai disusul dibukanya Pasar Hewan di Boyolali.

      Di Jateng, Cuma Sragen & Wonogiri yang Dapat Apresiasi KASN Soal Lelang Jabatan

      Hanya Pemkab Sragen dan Wonogiri yang mendapatkan penghargaan dari KASN terkait pengisian jabatan eselon II kategori baik.

      Yuk Coba KA Bandara Solo, Jadwal 3 Kali Sehari dengan Harga Rp7.000/Orang

      Jadwal dan rute perjalanan Kereta Api Bandara Adi Soemarmo Solo (KA BIAS) atau KA Bandara Solo dari Stasiun Balapan Solo maupun Stasiun Klaten.

      Bagi 150 Paket Beras, Polres Sragen akan Rutinkan Program Jumat Berkah

      Polres Sragen akan merutinkan program Jumat Berkah berupa pemberian paket sembako kepada warga yang membutuhkan.

      Pura Mangkunegaran Menuju Pusat Kebudayaan Jawa

      Mangkunegaran juga telah mengenalkan budaya Jawa ke luar negeri lewat kegiatan bertajuk Kemantren Langenpraja International Roadshow 2022 di Autralia, Malaysia, dan Thailand pada September. Hal ini sebagai bagian dari upaya membawa Mangkunegaran sebagai pusat kebudayaan Jawa.

      Catat Nih! Rekomendasi 5 Destinasi Wisata Murah di Dekat Stasiun Wonogiri

      Rekomendasi lima destinasi wisata murah dekat Stasiun Wonogiri berdasarkan penelusuran Solopos.com.

      KA Batara Kresna Solusi Piknik Murah Meriah Solo - Wonogiri, Jadwal 4 Kali/Hari

      Warga masyarakat yang ingin piknik murah dari Solo - Wonogiri melintasi Sukoharjo bisa menggunakan Kereta Api (KA) Batara Kresna dengan tarif hanya Rp4.000 per penumpang.

      STIKes Mitra Husada Karanganyar Wisuda 232 Mahasiswa

      Sebanyak 232 mahasiswa STIKes Mitra Husada Karanganyar diwisuda pada Kamis (6/10/2022).

      Wong Boyolali Tipu Pembeli Tanah di Sukoharjo, Uang Rp106 Juta Habis untuk Judi

      Dengan modus mengaku sebagai perantara penjual tanah, pelaku justru membawa kabur uang milik korbannya untuk berjudi.

      Solopos Hari Ini: Kemenangan Pertama Pemkot

      Mahkamah Agung (MA) mengabulkan permohonan kasasi dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dalam sengketa lahan Sriwedari yang menjadi kemenangan pertama Pemkot Solo sejak 1970.

      Kronologi Truk Pengangkut Cat Terguling di Boyolali hingga Bikin Jalan Licin

      Sopir truk, Dwi, 37, menceritakan kronologi truk yang dikemudikannya terguling di Boyolali hingga mengakibatkan jalan Semarang-Solo licin.

      Biawak Berkeliaran di Halaman Rumah Warga Ngawen, Damkar Klaten Turun Tangan

      Tim Damkar Klaten mengevakuasi biawak di halaman rumah salah satu warga Desa Tempursari, Kecamatan Ngawen, Kamis (6/10/2022) sore.

      Jalan Semarang-Solo Mendadak Penuh Cat, Pengguna Jalan Berjatuhan karena Licin

      Truk pengangkut cat terguling di jalan Semarang-Solo, tepatnya depan Universitas Boyolali, Jumat (7/10/2022) pagi. Muatan berupa cat yang tumpah di jalan tersebut dan mengakibat jalan licin.