Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Target PBB 2022 Boyolali Rp44 M, Realisasi hingga November 95 Persen

Target PBB 2022 Boyolali Rp44 M, Realisasi hingga November 95 Persen
author
Ika Yuniati Senin, 28 November 2022 - 14:09 WIB
share
SOLOPOS.COM - Kabid Pajak Daerah BKD Boyolali, Rahmat Hidayat Darsono, saat diwawancara wartawan di CFD Boyolali, Minggu (27/11/2022). Ia mengungkapkan target PBB di Boyolali sebesar Rp44 miliar dan sudah terealisasi 95 persen. (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Badan Keuangan Daerah (BKD) Boyolali mengungkapkan target pajak bumi dan bangunan (PBB) di Boyolali pada 2022 sebesar Rp44.602.500.000.

Pembayaran PBB di Boyolali telah mencapai Rp42.658.103.171 hingga Minggu (27/11/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sampai hari ini posisinya masih 95 persen, artinya kami masih kurang Rp1,9 miliar. Maka dari itu, untuk PBB kami lakukan intensifikasi lebih giat lagi. Salah satunya melalui kegiatan CFD [Car Free Day],” ujar Kepala Bidang (Kabid) Pajak Daerah, Rahmat Hidayat Darsono, kepada wartawan, di lokasi CFD Boyolali pada Minggu.

Pembukaan lapak BKD Boyolali untuk pembayaran di CFD Boyolali diserbu warga. Hingga CFD berakhir, total ada 221 transaksi pembayaran PBB dari masyarakat.

Tak hanya membuka stand pembayaran PBB, BKD Boyolali juga menyediakan hadiah undian bagi wajib pajak yang membayar PBB di sana. Beberapa hadiah antara lain smart tumbler, blender, jersey olahraga, voucher makan, voucher hotel, dan lain-lain.

Baca juga: Bertabur Hadiah, Lapak BKD Boyolali di CFD Diserbu Warga

Selain kegiatan pembayaran PBB berhadiah, BKD Boyolali juga melaksanakan penghapusan denda terkait tunggakan PBB. Tak hanya itu, dilaksanakan pula penagihan jemput bola atau door to door ke rumah wajib pajak.

“Alhamdulillah dari kegiatan door to door bisa dikatakan berhasil. Tapi tetap akan terus kami lakukan karena masih punya kesempatan satu bulan lagi sampai 31 Desember ini,” ujarnya.

Kegiatan penagihan door to door tersebut dilaksanakan mulai November 2022 untuk menambah pendapatan PBB di Boyolali. Rahmat mengungkapkan kegiatan door to door dilaksanakan di kecamatan Boyolali karena jaraknya cukup dekat dengan kantor BKD Boyolali.

Ia berharap dengan segala usaha yang dilaksanakan BKD Boyolali dapat membuat target PBB Boyolali pada 2022 dapat tercapai.

Rahmat lebih lanjut menginformasikan pembayaran PBB akan berlangsung sampai 31 Desember 2022. “Sebenarnya jatuh temponya itu 30 September, akan tetapi untuk meningkatkan motivasi pembayaran dari wajib pajak, kami lakukan juga bebas denda terkait PBB,” kata dia.

Baca juga: Yuk Bayar Sekarang, Mumpung di Karanganyar Ada Penghapusan Denda PBB

“Jadi harapan kami selaku pemungut pajak, kami hadir di masyarakat untuk memperkenalkan kalau pajak bukan suatu yang horor. Dan pembayaran pajak itu untuk pembangunan daerah, itu yang akan kami sosialisasikan pada 2023. Tentunya masih banyak hadiah untuk 2023 nanti,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, mengapresiasi inovasi dari BKD Boyolali yang mendekatkan pelayanan pembayaran PBB kepada masyarakat.

Said menilai hal tersebut adalah langkah untuk membangun kesadaran bersama masyarakat bahwa ada hak dan kewajiban masyarakat Boyolali untuk meningkatkan potensi pendapatan dari PBB.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang belum membayar pajak untuk segera membayar dengan penuh kesadaran diri membangun Kabupaten Boyolali.

Baca juga: Jatuh Tempo 30 September, Baru 8 dari 17 Desa di Polokarto Sukoharjo Lunas PBB

“Kita semua tinggal di Boyolali, artinya ketika masyarakat membayarkan pajaknya, maka pembangunan yang kita laksanakan dapat dijalankan sebaik-baiknya. Semakin banyak potensi pendapatan yang dapat dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Boyolali maka langkah untuk membangun ke depan akan jauh lebih cepat dan semakin baik,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN