Target Investasi Nasional Pada 2022 Capai Rp1.200 Triliun

Target capaian investasi Indonesia pada 2022 kembali ditingkatkan secara signifikan. Tidak main-main, pada tahun depan Indonesia menargetkan realisasi investasi sebesar Rp1.100 triliun hingga Rp1.200 triliun.

 Foto pemandangan gedung bertingkat di Jakarta, Kamis (4/11/2021). Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) mencatat realisasi investasi triwulan III-2021 atau periode Juli-September 2021 mencapai Rp216,7 triliun. Nilai tersebut tumbuh sebesar 3,7% (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yang tercatat Rp209 triliun. (Antara/Galih Pradipta)

SOLOPOS.COM - Foto pemandangan gedung bertingkat di Jakarta, Kamis (4/11/2021). Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) mencatat realisasi investasi triwulan III-2021 atau periode Juli-September 2021 mencapai Rp216,7 triliun. Nilai tersebut tumbuh sebesar 3,7% (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yang tercatat Rp209 triliun. (Antara/Galih Pradipta)

Solopos.com, SOLO – Pemerintah pusat melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memasang target investasi yang cukup optimistis pada tahun 2021 yaitu Rp900 triliun.

Angka itu meningkat dari target investasi tahun 2020 sebesar Rp817,2 triliun yang terealisasi Rp826,3 triliun. Data tersebut disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal BKPM, Yuliot, dalam Webinar Virtual Outlook Ekonomi 2022 dengan tema Penguatan Ekonomi untuk Pertumbuhan Berkelanjutan, Rabu (8/12/2021) siang.

Baca Juga: Emas Masih Cuan untuk Investasi Pada 2022, Simak Prediksinya

Menurut dia hingga September 2021 realisasi investasi di angka Rp659,4 triliun atau 73,3 persen. Angka itu terdiri modal asing sebesar Rp331,7 triliun atau 50,3 persen, dan modal dalam negeri Rp327,7 triliun atau 49,7 triliun. Sedangkan persebaran investasi tahun ini sebanyak 51,7 persen atau Rp340,7 triliun di luar Pulau Jawa.

Sementara di Jawa sendiri nilai investasinya Rp318,7 triliun atau 48,3 triliun. Investasi Januari hingga September 2021 berhasil menyerap tenaga kerja sebanyak 912.402 orang. Yuliot optimistis target investasi sepanjang tahun ini bisa terealisasi. “Mudah-mudahan tahun 2021 bisa mencapai target yang ditentukan,” tutur dia.

Menurut Yuliot aliran investasi global mengalami penurunan secara signifikan selama pandemi Covid-19. Sebagai contoh aliran investasi gobal pada 2019 tercatat USD 1,5 triliun, dan pada 2021 hanya USD 1 triliun. Padahal sebelum pandemi Covid-19, tepatnya pada 2015, aliran investasi global mencapai USD 2 triliun.

Baca Juga: Putusan MK Soal UU Cipta Kerja Tak Berdampak Pada Investasi 2021 Tapi..

“Kita berarti bersaing dengan negara-negara lain untuk menarik investasi global,” ungkap Yuliot. Lebih jauh dia menjelaskan target realisasi investasi Indonesia tahun 2022 kembali ditingkatkan secara signifikan. Tidak main-main, pada tahun depan Indonesia menargetkan realisasi investasi sebesar Rp1.100 triliun hingga Rp1.200 triliun.

Hal itu sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di mana pertumbuhan ekonomi ditargetkan di angka lima persen hingga 5,5 persen. Artinya, Yuliot mengatakan, investasi yang masuk diarahkan sebagai penggerak utama perekonomian. “Kondisi ini tentu menjadi tantangan bagi kita bersama untuk mewujudkannya,” urai dia.

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Ketimpangan Menurun dan Angka Melek Huruf Sragen Terendah di Soloraya

LBH Pers menilai pemidanaan dua orang polisi aktif penganiaya jurnalis Tempo di Kota Surabaya Nurhadi adalah preseden baik dalam hal perlindungan profesi jurnalis dan kebebasan pers.

Yusuf Mansur: Sekali Jatuhin Omongan Jangan Dipatahin

Yusuf Mansur mengajak seluruh karyawan Paytren untuk bergembira.

Sedekah Perusahaan ke Yusuf Mansur, Pengusaha Ini Mengaku Kecewa

Belakangan perusahaan tersebut dikembangkan Yusuf Mansur dengan branding Paytren.

Wow, Pebisnis Ini Sedekah Perusahaan kepada Ustaz Yusuf Mansur

Ia menyedekahkan perusahaan miliknya PT Veritra Sentosa Internasional (VSI) untuk Pondok Pesantren Darul Quran melalui Yusuf Mansur

Faisal Basri Bakal Gugat UU Ibu Kota Negara

Faisal Basri menilai pengesahan UU IKN tergesa-gesa.

Kasus Omicron Melonjak, Ini Pesan Presiden Jokowi

Jokowi mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap varian Omicron tetapi tidak perlu bereaksi berlebihan.

Sosok Sabdo Palon, Tokoh yang Dikenal Sebagai Penguasa Tanah Jawa

Inilah sosok Sabdo Palon yang dikenal sebagai tokoh penguasa Tanah Jawa.

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Neraca Perdagangan Indonesia Surplus US$35,34 M, Tertinggi Sejak 2006

Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyebut neraca perdagangan Indonesia pada 2021 mengalami surplus tertinggi sejak 2006 atau 15 tahun lalu.

Kapolri Impikan Polisi Punya Kemampuan Auditor Keuangan

Kapolri menyebutkan, pentingnya pemberian sertifikat CSFA untuk para perwira menengah dan perwira pertama Polri agar memiliki kemampuan untuk melakukan audit.

Ahli Kepolisian: Penembakan Anggota Laskar FPI Seusai Prosedur

Penembakan empat anggota FPI yang dilakukan oleh dua polisi di Tol KM 50 tidak menyalahi prosedur karena insiden itu masuk kategori situasi ekstrem.

Kisah Dibalik Perubahan Nama Yusuf Mansur, Sama-Sama 2 Kali Dipenjara

Yusuf Mansur membeberkan kisah dibalik perubahan namanya dari Jam'an Nurchotib Mansur menjadi Yusuf Mansur, yakni sama-sama pernah dua kali dipenjara.

Gempa Afghanistan Telan Korban 22 Nyawa

Korban meninggal akibat gempa bermagnitudo 5,6 di Provinsi Badghis, Afghanistan bertambah menjadi 22 orang, Selasa (18/1/2022).

Vaksin Merah Putih Jadi Prioritas Badan Riset Negara

Vaksin Merah Putih menjadi salah satu jenis vaksin yang diharapkan menjadi vaksin yang dihasilkan oleh anak bangsa.

Perempuan Depresi Turun dari Menara Setelah Kapolsek Panggil "Sayang"

Melalui alat pengeras suara (toa), Kompol Manapar bereaksi dan mengucapkan, 'Sayang ayo turun", sebanyak dua kali, untuk membujuk Julidar.