Tutup Iklan

Target Giling Tebu Sragen Kurang 800.000 Kuintal

 Ilustrasi petani tebu (Dok/JIBI/Bisnis)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi petani tebu (Dok/JIBI/Bisnis)

Pabrik gula (PG) Mojo Sragen menargetkan serap 2,8 juta kuintal tebu.

Solopos.com, SRAGEN—Manajemen Pabrik Gula (PG) Mojo Sragen menargetkan bisa menyerap 2,8 juta kuintal tebu pada musim giling tahun ini. Hingga kini, target itu baru terpenuhi 2 juta kuintal tebu.

Administratur PG Mojo Sragen, Bambang Sutrisno, mengatakan musim giling tebu biasa dimulai Mei-Oktober. Dia optimistis target giling tebu sebesar 2,8 juta kuintal itu akan terpenuhi pada akhir Oktober mendatang. “Sekarang target kami masih kurang 800.000 kuintal tebu. Masih ada waktu selama sebulan. Saya yakin target itu akan terpenuhi,” jelas Bambang kala ditemui Espos di kantornya, Jumat (30/9/2016).

Bambang mengakui jumlah luasan lahan tebu yang tersebar di Bumi Sukowati mencapai 6.000 hektare. Sebagian lahan tebu itu berada di sebelah utara Sungai Bengawan Solo. Satu hektare lahan rata-rata menghasilkan 600 kuintal tebu. Dengan begitu, potensi panen tebu pada lahan seluas 6.000 hektare bisa mencapai 3,6 juta kuintal tebu. Meski demikian, tidak semua hasil panen tebu di Bumi Sukowati itu digiling di PG Mojo. Sebagian petani di Bumi Sukowati memilih menjual tebu ke sejumlah pabrik gula lain yang tersebar di Karanganyar, Madiun, Klaten, Ngawi dan Jogja.

Potensi penyerapan tebu di PG Mojo sebetulnya bisa mencapai 6 juta kuintal/tahun. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, pabrik gula yang dibangun pada 1883 ini hanya mampu menyerap 3,4 juta kuintal tebu/tahun. Karena pengaruh musim kemarau basah, PG Mojo hanya menargetkan penyerapan 2,8 juta kuintal tebu pada musim giling tahun ini. Meski surplus dari segi sumber daya manusia (SDM), daya tampung pabrik gula ini kurang dari 50% dari potensi penyerapan sebesar 6 juta kuintal tebu tersebut. ”Untuk memenuhi target giling, kami menerima hasil panen tebu dari daerah lain seperti Kradenan Kabupaten Grobogan, Sine dan Mantingan Kabupaten Ngawi hingga wilayah barat dari Kabupaten Blora,” terang Bambang.

Pemerintah mengalokasikan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp225 miliar untuk merevitalisasi PG Mojo. Pabrik gula ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitas dan efisiensi anggaran setelah mendapat dana PMN tersebut. ”Desain proyek ini sudah dibuat oleh PMC [project management consultant]. Salah satu perubahannya ada pada kapasitas mesin giling dari 2.500 TCD [ton cane per day] menjadi 4.000 TCD yang diharapkan bisa meningkatkan produktivitas gula,” jelas Bambang.


Berita Terkait

Berita Terkini

Ikatan Cinta 27 November 2021: Diciduk Al, Iqbal Keceplosan Soal Irvan?

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Sabtu, 27 November 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Desa Jangglengan dan Kisah Pesanggrahan Raja Solo di Hutan Jati

Desa Jangglengan di Nguter, Sukoharjo, dulu pernah jadi pesanggrahan Raja Keraton Solo PB IX untuk bersemadi saat masih berupa hutan jati.

Presiden Jokowi Curhat Target Vaksinasi WHO Sulit Tercapai Karena Ini

Jokowi mengatakan saat ini lebih dari 7,6 miliar dosis vaksin Covid-19 telah disuntikkan di seluruh dunia, namun kesenjangan akses terhadap vaksin masih lebar.

3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Dari sejumlah zodiak yang sering bikin patah hati orang lain ini salah satunya memiliki jiwa petualang dan menyukai kemandirian.

Ternyata Ini Sosok PNS Terkaya di Indonesia, Hartanya Capai 1 Triliun

Ternyata ini hlo sosok Pegawai Negeri Sipil atau PNS terkaya di Indonesia, mempunyai harta mencapai Rp1,6 triliun.

Ini Hlo Cara Ikutan Lomba Foto Astra, Hadiahnya Enggak Main-Main!

PT Astra International Tbk menggelar Lomba Foto Astra dengan hadiah yang super menarik, ada smartwatch hingga sepeda motor.

Seleksi Duta Antikorupsi, Puluhan Pelajar Klaten Bikin Makalah Soal Ini

Seleksi terhadap puluhan pelajar kali ini merupakan rangkaian pemilihan duta pelajar antikorupsi yang diselenggarakan IPPK Klaten dan Exclusive Kingdom Klaten.

Pasoepati Ganti Pot Rusak di Jl Solo-Jogja di Klaten, Ini Foto-Fotonya

Polisi berharap kejadian perusakan pot bunga serupa tak terulang kembali di waktu mendatang

WhatsApp Siapkan 5 Fitur Baru yang Segera Dirilis, Apa Saja?

WhatsApp juga sedang berupaya memperkenalkan editor foto dalam aplikasi yang memungkinkan pengguna menambahkan stiker dan teks, memotong dan memutar foto.

Daftar Pemenang SCTV Awards 2021, Lengkap dengan Nominasinya

Ini dia daftar pemenang lengkap dengan nominasinya SCTV Award 2021 yang baru saja digelar pada Jumat, 27 November 2021.

BMKG: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Landa Jateng

BMKG juga memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat turun di sebagian besar wilayah Indonesia pada Sabtu.

Geger Pria Asal Bekasi Ditemukan Meninggal Dunia di Masjid Laweyan Solo

Pihak kepolisian menyatakan berdasarkan dugaan sementara, almarhum Sukirman meninggal karena sakit.

Beredar Surat Undangan Seleksi Persis Muda GR, Begini Respons Kaesang

Bos Persis Solo, Kaesang Pangarep, menanggapi beredarnya surat undangan seleksi pemain untuk Piala Soeratin 2021 dari Manajemen Persis Muda GR.

Minyak Goreng dan Telur Ayam Ras Sumbang Inflasi November 2021

BI akan menempuh langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

5 Weton Wanita Pemarah dan Pemalas, Salah Satunya Senin Wage

Berdasarkan perhitungan weton dalam Primbon Jawa, kita ternyata dapat menilai sifat pemarah dan pemalas dari seorang wanita.