TARAWIH TERCEPAT DI DUNIA : Begini Trik Salat Tarawih Supercepat Pesantren Blitar
Fenomena Tarawih tercepat di dunia (Istimewa)

Tarawih tercepat di dunia barangkali ada di sebuah pesantren di Blitar.

Solopos.com, BLITAR – Fenomena salat Tarawih tercepat di dunia menghebohkan situs berbagi video Youtube. Video yang diambil dari Pesantren Mambaul Hikam Mantenan, Udanawu, Blitar, itu menjadi yang terpopuler di Youtube untuk regional Indonesia.

Video “Tarawih tercepat di dunia” diunggah oleh sejumlah akun di Youtube. Tampaknya, sejumlah akun memanfaatkan video yang segera menjadi viral ini untuk mempopulerkan akunnya.

Salah satu video diunggah di laman https://www.youtube.com/watch?v=eSO8Xdmp3GY. Video ini sudah ditonton ribuan kali dan menjadi yang terpopuler beberapa hari terakhir.

Dalam video itu terlihat, Pesantren Mambaul Hikam Mantenan menyelenggarakan sholat tarawih sebanyak 20 rakaat plus shalat sunah witir 3 rakaat. Jika biasanya itu dilakukan hingga satu jam, di sana hanya dalam waktu 7-15 menit.
Dalam video yang direkam dari barisan jamaah salat terlihat pelaksanaan salat yang tak seperti salat pada umumnya. Gerakan salat dilakukan dengan sangat cepat.

Heboh salat tercepat di dunia ini kali pertama terlihat melalui postingan di laman NU.or.id. Laman yang dikelola Nahdatul Ulama itu menyebut jamaah salat Tarawih kilat tersebut sendiri mencapai 5.000 orang. Para jamaah pun tak hanya berasal dari Blitar, tapi juga dari Kediri dan Tulungagung.

Salat tersebut diselesaikan dalam waktu tujuh menit. Tak jelas di mana mesjid yang dimaksud dalam video yang diunggah tanggal 29 September 2012 tersebut.

"Saya ini hanya mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh para sesepuh. Kami tidak berani mengubahnya," ucap KH Diya'uddin Az-Zamzami, pengasuh pesantren Mambaul Hikam. Pesantren itu sendiri didirikan oleh KH Abdul Ghofur sekitar 160 tahun lalu.

Pelaksanaan salat tarawih ngebut itu dimulai sejak setahun setelah masjid berdiri pada 1907. Saat itu, warga sulit diajak tarawih karena tak mau meninggalkan pekerjaan masing-masing. Sehingga pendiri ponpes mencetuskan pelaksanaan tarawih yang membuat pekerja tak terlalu lama meninggalkan pekerjaannya.

Lalu bagaimana rahasianya agar bisa melakukan sholat kilat seperti itu?

Menurut Gus Diya', salat secepat itu bisa dilakukan karena sang imam hanya melafalkan doa yang wajib-wajib saja. Misalnya niat, takbirotul ihram, baca Fatihah dan ayat pendek Al-Qur'an hingga salam.

"Doa ruku' kita singkat cukup 'Subhanallah'. Lainnya hanya “Allah-Allah” saja. Tahiyat akhir juga hanya sampai bacaan shalawat untuk nabi Muhammad kemudian salam," jelas Gus Diya'.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom