SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO–Sebanyak 200.000 unit rumah diharapkan bisa terserap masyarakat dalam kurun waktu lima tahun melalui program Satu Juta Rumah yang merupakan program kerja sama Properti Plus Indonesia (PPI) dengan Tabungan Perencanaan Syariah (Tapenas) Griya BNI Syariah.

Koordinator PPI Solo, Rianti Wulandari menyampaikan program nasional Satu Juta Rumah baru saja dilaunching akhir pekan lalu. Solo, menjadi kota pilot project dan PPI menggandeng BNI Syariah Solo. Dan dari program tersebut, Solo ditarget bisa jual 200.000 rumah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Program tersebut, kata Rianti, diawali dari perhatian PPI terhadap minimnya kemampuan akses masyarakat terhadap fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) di perbankan. “Program Satu Juta Rumah ini bukan sekedar program jualan rumah, tapi mengedukasi masyarakat untuk bisa melakukan perencanaan masa depan, dengan belajar mengangsur uang muka KPR di bank,” kata Rianti, saat ditemui Solopos.com, Selasa (11/9/2012).

Seperti diketahui, kata Rianti, saat ini masyarakat dan pengembang perumahan sangat terbebani dengan aturan uang muka KPR minimal 30%. Dengan mengangsur uang muka selama 18 bulan, sesuai ketentuan program Satu Juta Rumah dan Tapenas Griya, masyarakat akan belajar mengangsur dan ke depannya siap memiliki sejumlah dana untuk mengambil kredit rumah.

“Cara mengangsur uang muka itu seperti halnya menabung. Tapi rutin dan nilainya tetap seperti angsuran.”

Sementara pemimpin Cabang BNI Syariah Solo, Nurcahyo Dwi Artianto menambahkan bagi BNI Syariah sendiri, program mengangsur uang muka KPR dalam bentuk tabungan itu lebih ditujukan kepada masyarakat yang belum pernah memiliki rumah. Atau tengah merencakan pemilikan rumah pertama.

“Jangka waktu angsuran uang muka KPR itu 18 bulan. Masyarakat menabung sejumlah uang, tapi diibaratkan untuk uang muka KPR. Kalaupun nanti ditengah jalan ada perencanaan lain, ya boleh-boleh saja,” kata Nurcahyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya