SOLOPOS.COM - TAP IZY -- GM Sales & CS Regional Jateng DIY Telkomsel, Andi Kristianto (kiri) dan Direktur Komersial PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Persero, Sulistyo Wimbo Hardjito (dua dari kiri) mencoba layanan Tap-Izy di Stasiun Balapan, Solo, Seni (30/1/2012). (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SOLO — Telkomsel memperkenalkan layanan pemakaian pulsa uang, Tap Izy untuk transaksi tiket kereta api (KA) Prambanan Ekspres (Prameks). Selanjutnya, Telkomsel membidik Batik Solo Trans untuk pemanfaatan layanan tersebut.

TAP IZY -- GM Sales & CS Regional Jateng DIY Telkomsel, Andi Kristianto (kiri) dan Direktur Komersial PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Persero, Sulistyo Wimbo Hardjito mencoba layanan Tap-Izy di Stasiun Balapan, Solo, Seni (30/1/2012). (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

General Manager (GM) Mobile Commerce Management Telkomsel, Denny Abidin, mengatakan peluang aplikasi Tap Izy untuk BST terbuka lebar. Sebagai transportasi massa dalam kota, BST memiliki pangsa pengguna yang cukup besar seperti halnya Prameks. Untuk itu, Denny menilai akan sangat menguntungkan bagi pihaknya untuk melebarkan sayap, dari melanjutkan penggunaan Tap Izy di Prameks ke BST. “Kami sangat ingin ke sana . Sekarang memang belum, tapi itu sasaran kami,” ungkap Denny, saat ditemui wartawan, di sela-sela acara peluncuran Tap Izy untuk Prameks di Stasiun Balapan Solo, Senin (30/1/2012).

Tap Izy untuk Prameks memungkinkan pelanggan Telkomsel mendapatkan kemudahan dalam membeli tiket. Mereka tak perlu membawa uang tunai. Selain itu, mereka juga bisa mendapat keringanan Rp1.000, karena harga tiket Prameks ditekan hanya Rp9.000. Menurut dia potensi pengguna Tap Izy untuk Prameks cukup besar, mengingan komunitas pengguna Prameks atau Pramekers adalah kalangan masyarakat yang akrab dengan teknologi seperti dosen, mahasiswa dan para karyawan swasta maupun negeri.

Hingga saat ini, Denny yang didampingi GM Mobile Commerce Development Telkomsel, Reyhan, menambahkan pulsa khusus Tap Izy telah bisa dipakai di 20-an merchant termasukPrameks. Untuk mendapatkan pulsa tersebut, pelanggan Telkomsel bisa mengisi pulsa di gerai Grapari maupun merchant atau mitra Telkomsel lain. “Ada gerai food & beverage, ada restoran, ada macam-macam termasuk minimarket. Tidak menutup kemungkinan kalau ada peluang kami akan kerja sama dengan pengusaha batik Solo,” sebut Denny.

Di lain pihak, Kepala Bidang (Kabid) Angkutan, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Solo, Indarjo, menyampaikan dukungan atas rencana Telkomsel membidik aplikasi Tap Izy pada BST. Selama ini, dia menjelaskan, pemerintah Solo telah bekerja sama dengan sedikitnya tiga bank besar untuk menyediakan smart card, yakni kartu yang dipakai pelanggan BST. Jika ada lembaga lain yang tertarik, pemerintah membuka peluang sebesar-besarnya. “Justru ini yang kami tunggu-tunggu. Makin banyak ada fasilitas pembayaran untuk BST akan makin baik,” ujar dia. Lebih jauh, Indarjo memastikan BST telah dilengkapi dengan mesin electronic data capture (EDC) yang siap dipakai jika Tap Izy segera diberlakukan.

Peluncuran Tap Izy untuk Prameks dihelat dalam rangkaian cukup panjang dari Jogja hingga Solo. Dalam acara itu selain pihak Telkomsel, hadir pula pejabat PT KA, di antaranya Direktur Komersial, Sulistyo Wimbo Hardjito, Vice President (VP) Penjualan, Adi Suryatmini, dan VP Pemasaran, Husein Nurroni.

JIBI/SOLOPOS/Tika Sekar Arum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya