Tanya Jawab Seputar Covid-19 (Bagian V): Apakah Bisa Mendapat Surat Keterangan Bebas Corona?
ilustrasi virus corona (Freepik)

Solopos.com, SOLO -- Penyebaran virus corona atau Covid-19 menjadikan WHO menetapkannya sebagai pandemi global. Banyak orang yang akhirnya khawatir bepergian sampai muncul kabar mengenai adanya surat keterangan bebas corona.

Benarkan ada instansi atau lembaga yang mengeluarkan surat keterangan bebas corona? Laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang khusus membahas mengenai Covid-19 memberikan jawabannya.

Berikut sejumlah tanya jawab seputar Covid-19, di antaranya soal surat keterangan bebas corona sebagaimana dikutip dari laman covid19.kemkes.go.id, Jumat (20/3/2020).

Apakah saya harus selalu menggunakan masker?

Pemakaian masker hanya bagi orang yang memiliki gejala infeksi pernapasan (batuk atau bersin), mencurigai infeksi Covid-19 dengan gejala ringan, mereka yang merawat orang yang bergejala seperti demam dan batuk, dan para petugas kesehatan.

Awas! Persebaran Corona di Solo Bisa Makin Meluas Jika ODP Bandel

Cara yang paling efektif untuk melindungi diri dan orang lain dari penularan Covid-19 adalah mencuci tangan secara teratur, tutup mulut saat batuk dengan lipatan siku atau tisu, dan jaga jarak minimal satu meter dari orang yang bersin atau batuk.

Haruskah saya khawatir terhadap penyakit Covid-19 ini?

Jika Anda tidak berada di wilayah terjangkit Covid-19, atau jika Anda tidak melakukan perjalanan dari salah satu wilayah tersebut, atau tidak melakukan kontak dekat dengan seseorang yang memiliki gejala Covid-19 atau merasa kurang sehat, kecil kemungkinan Anda untuk tertular Covid-19.

Namun, dapat dimengerti bahwa Anda mungkin merasa stres dan cemas tentang situasi yang terjadi saat ini. Tetaplah tenang dan jangan panik.

Carilah informasi yang benar dan akurat tentang perkembangan Covid-19 agar Anda mengetahui situasi wilayah Anda dan Anda dapat mengambil tindakan pencegahan yang wajar.

Begini Penampakan Virus Corona Covid-19 di Mikroskop

Jika Anda berada di wilayah terjangkit Covid-19, Anda harus serius menghadapi risiko tersebut. Selalu jaga kesehatan dan perhatikan informasi dan saran dari pihak kesehatan yang berwenang.

Dalam kondisi sudah ada kasus di Indonesia, apakah aman bagi saya untuk bepergian?

Tentu saja aman, namun tetap memperhatikan kesehatan dan kebersihan diri. Pakailah masker jika Anda kurang sehat atau berada di kerumunan, selalu cuci tangan setelah memegang benda atau berjabat tangan.

Saya akan bepergian ke luar negeri untuk sesuatu yang mendesak, apakah saya dapat memperoleh Surat Keterangan Bebas Covid-19? Di mana?

Untuk kondisi saat ini, seseorang belum bisa diberikan surat keterangan bebas corona, karena kita tidak pernah tahu apakah dia pernah kontak dengan orang yang sakit Covid-19.

Bagaimana situasi terkini di Indonesia? Apakah sudah ada kasus konfirmasi Covid-19?

Situasi perkembangan penyakit Covid-19 di Indonesia dapat dipantau melalui laman website http://infeksiemerging.kemkes.go.id.

Di manakah saya bisa mendapatkan media edukasi dan informasi serta situasi perkembangan Covid-19?

Informasi tentang media KIE atau situasi perkembangan Covid-19, dapat diakses melalui:

- Halo Kemenkes : 1500567

- Hotline Emergency Operation Center (EOC): 119 atau (021) 5210411 atau 081212123119

- Twitter : @KemenkesRI

- Facebook : @KementerianKesehatanRI

- Instagram: @kemenkes_ri

- Website : www.who.int, www.infeksiemerging.kemkes.go.id, www.sehatnegeriku.kemkes.go.id



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom