SOLOPOS.COM - Tantowi Yahya (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA – Kerja sama Pemkot Jogja dengan sejumlah kota di luar negeri atau yang terkenal dengan sebutan sister city mendapatkan sorotan DPR.

Sejumlah anggota Komisi I DPRD meminta sister city jangan sampai membuat budaya luar mempengaruhi budaya Jogja. Pernyataan itu disampaikan salah satu anggota Komisi I Biem Triani Benjamin dalam kunjungan kerja ke Pemkot Jogja, Jumat (21/11/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wakil rakyat meminta penjelasan soal sister city sebagai bahan amandamen dua undang-undang.

“Boleh-boleh saja Jogja menjalin sister city bahkan twin city, kami dari Komisi 1 sangat mendukung. Namun yang perlu diingat, jangan sampai budaya luar yang kemudian masuk , sampai merusak tatanan dan budaya Jogja yang sudah memiliki kekhasan tersendiri,” ujarnya dalam dialog di Ruang Utama Bawah, Balaikota Jogja.

Wakil Ketua Komisi I DPR, Tantowi Yahya, menanyakan alasan Korea menjadi salah satu negara yang diajak kerja sama. Padahal twin atau sister city harus dilakukan dengan pertimbangan karena ada kesamaan. Kota Jogja dengan Kyoto, misalnya, justru lebih logis dilakukan. Karena sama-sama kota budaya.

“Yang pasti, dari hasil kunjungan ini, akan menjadi bahan amandemen dua undang-undang, UU Hubungan Luar Negeri dan UU Perjanjian Luar Negeri. Dua UU ini adalah payung hukum pelaksanaan kerja sama pemerintah di Indonesia dengan pihak luar,” papar Tantowi.

Menanggapinya, Haryadi Suyuti, Walikota Jogja menjelaskan yang terpenting dari sebuah jalinan sister city maupun twin city, adalah langkah apa dan bagaimana yang perlu ditempuh agar orang-orang Jogja yang ke sana (entah kunjungan kerja, magang, atau studi) bisa melihat manfaat dari kerjasama tersebut, dan mampu mempelajari banyak hal.

Sampai saat ini Pemkot Jogja telah melaksanakan kerja sama sister city dengan tujuh kota dari enam negara, yakni Kota Ganbuk Gu Korea, Kota Hue Vietnam, Kota Baalbek Libanon, Distrik Commewijne Suriname, Georgetown Penang Malaysia, Kota Wuhan dan Kunming Tiongkok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya