Tantangan Bripka Singgih Si Ahli Hipnosis, Sering Dibilang Syirik

Bripka Singgih Pambudi Rachmat memastikan hipnosis atau hinopterapi bukanlah perbuatan syirik dan tak ada hubungannya dengan jin maupun klenik.

 Bripka Singgih Pambudi Rachmat (kiri) melakukan terapi hipnoterapi kepada para santri supaya bisa menghafal ayat suci di Pondok Pesantren & Rumah Asuh Daarul Muthola'ah, Kecamatan Kalijambe, Sragen belum lama ini. (Istimewa/Bripka Singgih Pambudi Rachmat)

SOLOPOS.COM - Bripka Singgih Pambudi Rachmat (kiri) melakukan terapi hipnoterapi kepada para santri supaya bisa menghafal ayat suci di Pondok Pesantren & Rumah Asuh Daarul Muthola'ah, Kecamatan Kalijambe, Sragen belum lama ini. (Istimewa/Bripka Singgih Pambudi Rachmat)

Solopos.com, SRAGEN — Melakukan perbuatan mulia seperti menolong orang lain kadang tak selamanya berjalan mulus. Hal ini pula yang dirasakan Banit Sat Intelkam Polres Sragen, Bripka Singgih Pambudi Rachmat. Ia adalah polisi yang memiliki kemampuan hipnosis atau melakukan hipnoterapi.

Banyak orang yang merasakan manfaat dari kemampuan yang dilakukan bapak dua anak ini. Seperti para santri di Pondok Pesantren & Rumah Asuh Daarul Muthola’ah, Kecamatan Kalijambe, Sragen yang kini lebih giat belajar dan menghafal Al Qur’an setelah ia hipnoterapi. Masih ada sejumlah kalangan lain yang merasa terbantu oleh Bripka Singgi.

PromosiKetika Pemain Kendang Mengacau, Humor dan Dagelan ala Srimulat

Sayangnya, masih ada sejumlah orang yang antipati terhadap hipnoterapi. Mereka menganggap hipnoterapi itu perbuatan syirik. Singgih memastikan apa yang ia lakukan tak ada hubungannya sama sekali dengan jin dan klenik atau semacamnya. Hipnosis bekerja melalui alam bawah sadar dan semuanya bisa dijelaskan secara ilmiah.

Baca Juga: Ini Dia Bripka Singgih, Polisi Sragen Si Ahli Hipnosis

“Hipnosis seperti pisau, tergantung orang yang menggunakan. Seperti pisau bisa untuk memotong sayur namun bisa juga untuk melukai orang,” paparnya.

polisi ahli hipnosis polres sragen
Bripka Singgih Pambudi Rachmat. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Ditemui pada Rabu (26/1/2022), Singgih menjelaskan hipnoterapi merupakan terapi hipnotis yang menggiring orang supaya orang tersebut dapat khusyuk atau fokus. Cara kerjanya dengan masuk ke alam bawah sadar seseorang. Pasien yang diterapi akan mendapatkan manfaat pengobatan atau motivasi, namun syaratnya harus mau terbuka atau pasrah.

Terapinya untuk para santri Ponpes Daarul Muthola’ah berasal dari sebuah kegiatan bakti sosial akhir tahun lalu. Dia mendapat sejumlah masalah yang dihadapi para santri, seperti malas, rasa terbebani sehingga sulit menghafal Al Quran hingga kecanduan gawai.

“Kami mengubah alam sadar mereka supaya ketika membuka Al Qur’an itu semangat,” kata pria ramah ini.

Baca Juga: Ungkap Kasus Tabrak Lari, 4 Anggota Satlantas Polres Sragen Raih Award

Ia lantas mengadakan hipnoterapi secara massal dengan melibatkan 30 santri selama 30 menit. Terapi massal dilakukan karena para santri tersebut memiliki masalah yang sama. Para santri itu dibuat tertidur beberapa saat, namun masih bisa mendengarkan suara. Singgih lalu memberikan motivasi kepada mereka sebelum terbangun. Tidak ada efek samping bagi pasien yang diterapi.

“Setelahnya, anak-anak timbul semangat belajar dan lebih giat. Tidak lagi tergantung kepada gadget,” klaimnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Hantu KKN Rumah Kosong Klaten Ternyata Mbah-Mbah

Wujud hantu dalam kisah KKN di Rumah Kosong Klaten adalah mbah-mbah.

Bikin Deg-degan, Damkar Wonogiri Tangkap Ular Sanca di Permukiman Warga

Petugas Damkar Wonogiri membantu warga mengevakuasi ular sanca jenis Pythonidae yang masuk ke pekarangan rumah warga di Pokoh Kidul, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri pada Kamis (19/5/2022).

Kenapa Jalan Solo-Boyolali Kerap Terjadi Kecelakaan?

Kira-kira kenapa jalan di Solo-Boyolali kerap terjadi kecelakaan, bahkan ada korban yang meninggal dunia?

Bupati Karanganyar: Pilih Pengurus PGRI yang Rajin!

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, meminta Konferensi Kerja tahun ke-2 Kabupaten (Konkerkab) Karanganyar PGRI untuk memilih pengurus yang rajin.

Disdik Kota Solo Izinkan Kantin Sekolah Dibuka, Tapi Ada Syaratnya

Dinas Pendidikan Kota Solo, Jawa Tengah tidak melarang kantin sekolah membuka usahanya selama pembelajaran Tatap Muka (PTM) saat ini.

KPU Sukoharjo Bocorkan Cara Memelihara Data Pemilih, Begini Lo...

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, menyampaikan beberapa cara memutakhirkan atau memperbarui Daftar Pemilih Tetap (DPT), salah satunya untuk mempersiapkan Pemilu 2024.

Simak! Inilah Daftar SMK Negeri di Kabupaten Boyolali

Berikut daftar SMK Negeri yang tersebar di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Pemkab Wonogiri Berniat Hentikan PTM Terbatas, Lo... Kenapa?

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri berniat menghentikan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).

Catat Gaes, Ini Daftar Lengkap SMA Negeri di Boyolali

Inilah daftar SMA Negeri di Kabupaten Boyolali.

Terbaru! Laka Kereta Kelinci di Andong Boyolali, Begini Kondisi Sopir

Sopir kereta kelinci yang terlibat kecelakaan maut di wilayah Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Rabu (11/5/2022) belum dapat dimintai keterangan karena masih sakit.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik di Sukoharjo Hari Ini

Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Sukoharjo, Jawa Tengah, pada hari ini, Jumat, 20 Mei 2022.

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini (20/5/2022): Siang-Malam bakal Hujan

Berikut ini tersaji prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini Jumat 20 Mei 2022 secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini (20/5/2022): Potensi Hujan Sore-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa  disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Siang Panas, Sore Hujan Deras

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 20 Mei 2022 disajikan secara lengkap dalam artikel ini.