SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Stadion Sultan Agung bisa jadi markas Persiba Bantul dalam kompetisi musim depan karena keberadaan lampu stadion tidak masuk dalam penilaian PSSI saat memverifikasi klub-klub calon kontestan Profesional Level Satu.
   
Dengan demikian, verifikasi yang akan digelar mulai 26 September itu berbeda dengan syarat Indonesia Super League (ISL), yang tiga musim terakhir jadi kompetisi kasta tertinggi di Indonesia. Seperti diketahui di era ISL, PT Liga Indonesia selaku pengelola kompetisi ketika itu, mewajibkan stadion tempat klub memainkan laga kandang harus memiliki fasilitas lampu. Kendati kekuatan cahaya lampu boleh di bawah standar FIFA yang besarnya mencapai 1.200 lux.
   
“Untuk kompetisi musim 2011/12 soal lampu masih diberi toleransi tapi harus ada komitmen tertulis secara hukum, untuk dalam rentang waktu satu tahun, stadion tempat klub bermain kandang sudah terpasang lampu sesuai standar,” kata Ketua Komite Kompetisi sekaligus Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Sihar Sitorus, Selasa (6/9).
   
Lebih lanjut Sihar menjelaskan kalau masalah lampu tidak akan memengaruhi AFC saat memverifikasi kompetisi Indonesia. “Terpenting pada awal musim harus ada minimal tiga stadion tingkat A. Kalau itu terpenuhi maka jatah klub Indonesia tampil langsung di babak utama Liga Champions Asia [LCA] tetap terjamin,” ujar Sihar.
   
Llano Mahardika, CEO Persebaya 1927, yang pekan lalu ikut dalam rombongan PSSI menghadap ke AFC untuk urusan kompetisi membenarkan konfederasi sepak bola Asia itu memberi toleransi soal ketersediaan lampu stadion.
   
Hanya, Llano mengungkapkan kalau aspek minimal dalam stadion yang tidak bisa ditawar. “Tim verifikasi Pro League ad hoc committe AFC tak mau kompromi soal ruang-ruang stadion. Terutama kelayakan organisasi pertandingan, seperti ruang ganti tim dan wasit, ruang medis, bangku cadangan, gawang, tribun media, mixed zone ataupun ruang jumpa pers. Semua itu harus bagus dan layak,” kata Llano.
   
Dengan adanya keputusan tersebut, Persiba menggunakan Sultan Agung sebagai markas mereka di kompetisi mendatang. “Saya sudah bertemu dengan Exco PSSI, Pak Sihar Sitorus dan dia sudah memberikan toleransi sampai akhir tahun ini mengenai pengadaan lampu di stadion,” ungkapnya kepada Harian Jogja Express melalui sambungan telepon.(HARIAN JOGJA EXPRESS/Arif Wahyu & Galih Eko Kurniawan)

HARJO CETAK

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya