SOLOPOS.COM - pemain timnas Indonesia Elkan Baggot (Instagram @elkanbaggott)

Solopos.com, JAKARTA – Timnas Indonesia akan mengawali laga pertama Grup A Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021) pukul 19.30 WIB, tanpa Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri.

Elkan tak bisa dimainkan karena baru tiba di Singapura sedangkan Egy belum dilepas klubnya klubnya di Liga Super Slovakia, FK Senica.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Meskipun demikian, salah satu andalan Timnas Asnawi Mangkualam yakin Indonesia akan mendapat hasil memuaskan di laga pertama.

“Kami di sini sudah empat hari, sudah melihat pertandingan lawan. Kami datang ke sini bukan untuk mendapat juara dua tapi juara,” ujar Asnawi seperti dikutip Solopos.com dari kanal Youtube PSSI TV, Rabu (8/12/2021).

Asnawi mengatakan persiapan Timnas jelang laga melawan Kamboja sudah sangat maksimal. Seluruh pemain dalam kondisi baik baik secara fisik maupun mental.

“Kami tinggal mengikuti instruksi pelatih di lapangan. Semua tim sudah berkembang, tidak boleh menganggap remeh. Kalau kita mengikuti instruksi pelatih pasti hasilnya maksimal,” tandasnya.

Baca Juga: Peluang Indonesia Juara Piala AFF Terbuka Lebar, Ini Ulasannya 

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengonfirmasi takkan memainkan Elkan Baggott sebagai starter di laga kontra Kamboja.

Alasannya karena Elkan Baggott baru saja mendarat setelah menjalani perjalanan panjang dari Inggris ke Singapura. “Elkan tak bisa masuk starting (pemain inti). Ia baru tiba jadi saya akan memberinya istirahat lebih atau menjadi cadangan,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum laga Timnas Indonesia vs Kamboja seperti dikutip Okezone.

Terpenting, Elkan Baggott sudah mendarat di Singapura. Bek bertinggi badan 196 sentimeter itu dapat diandalkan pada tiga laga lain Timnas Indonesia di fase grup, yakni kontra Laos, Vietnam dan Malaysia.

Debut Impresif

Elkan Baggott sudah memberikan debut impresif bersama Timnas Indonesia, tepatnya saat menghadapi Afghanistan di laga uji coba.

Dalam laga tersebut, Elkan Baggott tak hanya kukuh dalam bertahan, namun juga dapat membantu penyerangan.

Tercatat sepanjang laga, bek Ipswich Town U-23 ini melepaskan 200-an umpan. Ketika Elkan Baggott berada di lapangan, skor sama kuat 0-0.

Sayangnya setelah Elkan Baggott ditarik keluar pada menit ke-68 karena cedera, Timnas Indonesia kebobolan 17 menit berselang. Alhasil, Timnas Indonesia tumbang 0-1 dari Afghanistan.

Tentunya, kehadiran Elkan Baggott diharapkan dapat meredam serangan dahsyat yang dilancarkan Malaysia dan Vietnam, dua lawan terkuat Timnas Indonesia yang notabene finalis Piala AFF 2018.

Lantas dengan ketiadaan Elkan Baggott di laga Timnas Indonesia vs Kamboja, siapa pemain yang diandalkan Shin Tae-yong di jantung pertahanan? Satu nama sudah pasti diambil bek Madura United, Fachrudin Aryanto.

Bek andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 itu akan bertandem dengan salah satu dari Victor Igbonefo atau Ryuji Utomo. Secara kualitas, baik Victor Igbonefo maupun Ryuji Utomo sama bagusnya.

Karena itu, menarik menanti hasil yang didapat Timnas Indonesia. Tentunya kemenangan dengan skor meyakinkan diharapkan dapat digapai Timnas Indonesia demi meningkatkan kepercayaan diri di laga-laga selanjutnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya