Tanpa Elkan dan Egy, Timnas Indonesia Yakin Cemerlang di Laga Perdana

Salah satu andalan Timnas Asnawi Mangkualam yakin Indonesia akan mendapat hasil memuaskan di laga pertama.

 pemain timnas Indonesia Elkan Baggot (Instagram @elkanbaggott)

SOLOPOS.COM - pemain timnas Indonesia Elkan Baggot (Instagram @elkanbaggott)

Solopos.com, JAKARTA – Timnas Indonesia akan mengawali laga pertama Grup A Piala AFF 2020, Kamis (9/12/2021) pukul 19.30 WIB, tanpa Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri.

Elkan tak bisa dimainkan karena baru tiba di Singapura sedangkan Egy belum dilepas klubnya klubnya di Liga Super Slovakia, FK Senica.

Meskipun demikian, salah satu andalan Timnas Asnawi Mangkualam yakin Indonesia akan mendapat hasil memuaskan di laga pertama.

“Kami di sini sudah empat hari, sudah melihat pertandingan lawan. Kami datang ke sini bukan untuk mendapat juara dua tapi juara,” ujar Asnawi seperti dikutip Solopos.com dari kanal Youtube PSSI TV, Rabu (8/12/2021).

Asnawi mengatakan persiapan Timnas jelang laga melawan Kamboja sudah sangat maksimal. Seluruh pemain dalam kondisi baik baik secara fisik maupun mental.

“Kami tinggal mengikuti instruksi pelatih di lapangan. Semua tim sudah berkembang, tidak boleh menganggap remeh. Kalau kita mengikuti instruksi pelatih pasti hasilnya maksimal,” tandasnya.

Baca Juga: Peluang Indonesia Juara Piala AFF Terbuka Lebar, Ini Ulasannya 

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengonfirmasi takkan memainkan Elkan Baggott sebagai starter di laga kontra Kamboja.

Alasannya karena Elkan Baggott baru saja mendarat setelah menjalani perjalanan panjang dari Inggris ke Singapura. “Elkan tak bisa masuk starting (pemain inti). Ia baru tiba jadi saya akan memberinya istirahat lebih atau menjadi cadangan,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sebelum laga Timnas Indonesia vs Kamboja seperti dikutip Okezone.

Terpenting, Elkan Baggott sudah mendarat di Singapura. Bek bertinggi badan 196 sentimeter itu dapat diandalkan pada tiga laga lain Timnas Indonesia di fase grup, yakni kontra Laos, Vietnam dan Malaysia.

Debut Impresif

Elkan Baggott sudah memberikan debut impresif bersama Timnas Indonesia, tepatnya saat menghadapi Afghanistan di laga uji coba.

Dalam laga tersebut, Elkan Baggott tak hanya kukuh dalam bertahan, namun juga dapat membantu penyerangan.

Tercatat sepanjang laga, bek Ipswich Town U-23 ini melepaskan 200-an umpan. Ketika Elkan Baggott berada di lapangan, skor sama kuat 0-0.

Sayangnya setelah Elkan Baggott ditarik keluar pada menit ke-68 karena cedera, Timnas Indonesia kebobolan 17 menit berselang. Alhasil, Timnas Indonesia tumbang 0-1 dari Afghanistan.

Tentunya, kehadiran Elkan Baggott diharapkan dapat meredam serangan dahsyat yang dilancarkan Malaysia dan Vietnam, dua lawan terkuat Timnas Indonesia yang notabene finalis Piala AFF 2018.

Lantas dengan ketiadaan Elkan Baggott di laga Timnas Indonesia vs Kamboja, siapa pemain yang diandalkan Shin Tae-yong di jantung pertahanan? Satu nama sudah pasti diambil bek Madura United, Fachrudin Aryanto.

Bek andalan Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 itu akan bertandem dengan salah satu dari Victor Igbonefo atau Ryuji Utomo. Secara kualitas, baik Victor Igbonefo maupun Ryuji Utomo sama bagusnya.

Karena itu, menarik menanti hasil yang didapat Timnas Indonesia. Tentunya kemenangan dengan skor meyakinkan diharapkan dapat digapai Timnas Indonesia demi meningkatkan kepercayaan diri di laga-laga selanjutnya.

 

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Pembalap Dorna Sports Ogah Dikarantina, IDI: Tak Ada Kecuali!

Diketahui, Indonesia akan menyelenggarakan ajang balap MotoGP di Mandalika tahun 2022 ini.

Gibran Ajukan Solo Jadi Tuan Rumah Liga 1 Lagi

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali mengajukan Stadion Manahan Solo sebagai venue Liga 1.

Duh! Moto GP Mandalika Bisa Terancam Gegara Aturan Karantina

Baru-baru ini, CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, menyatakan tak mau menggelar balapan di negara yang menerapkan karantina untuk pembalap hingga kru.

Mengingat Lagi Maskot Persis Solo Juna si Alap-Alap

Persis Solo memiliki sebuah maskot berbentuk burung alap-alap kawah. Maskot ini sempat rutin berada di pinggir lapangan saat Laskar Sambernyawa bermain.

West Bandits Solo Menang Lagi, Begini Respons Gibran

West Bandits Combiphar Solo mencatat kemenangan telak atas Prawira Bandung dengan skor 77-57 pada hari ketiga IBL Tokopedia 2022.

Duh! Eks Striker Persis Solo Beto Goncalves Jadi Korban Penjambretan

Mantan penyerang Persis Solo, Alberto Goncalves atau yang akrab disapa Beto, menjadi korban penjabretan saat berada di Bali.

Daftar Lengkap Pemain Persis Youth: Jebolan Klub Belanda hingga Kroasia

Skuad junior Persis Solo yang tergabung dalam Persis Youth telah terbentuk dan bersiap berlaga kompetisi Elite Pro Academy (EPA).

Piala Wali Kota Solo Diikuti Tim Liga 1, Gibran: Lha Persis Wis Promosi

Piala Wali Kota Solo rencananya akan tetap digelar setelah sempat tertunda. Peserta turnamen tersebut kemungkinan berubah yakni hanya tim yang berlaga di kompetisi BRI Liga 1.

DBL Kembali Bergulir, Solo Jadi Tuan Rumah

Honda DBL Central Java Series kompetisi basket antarpelajar SMA bakal digelar Sritex Arena, 27 Januari hingga 5 Februari 2022.

Piala Wali Kota Solo Tetap Digelar, Tim Atta Halilintar Absen

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, berencana tetap menggelar Piala Wali Kota Solo yang sebelumnya sempat tertunda karena lonjakan kasus Covid-19.

Ini Dia Pemain Persis Youth yang Pernah Berkarier di Liga Belanda

Persis Solo Youth telah terbentuk dan bersiap berlaga kompetisi Elite Pro Academy (EPA). Dalam daftar skuad yang terbentuk, terdapat sejumlah pemain yang berpengalaman di kancah Eropa.

PSSI Tegaskan Posisi Shin Tae-yong Aman

Nasib Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia sempat dikhawatirkan oleh sejumlah pecinta sepak bola Indonesia menyusul pernyataan dari anggota Exco PSSI, Haruna Soemitro.

Skuad Mentereng Persis Solo Youth, Jebolan Timnas hingga Liga Luar

Skuad junior Persis Solo yang tergabung dalam Persis Youth telah terbentuk dan bersiap berlaga kompetisi Elite Pro Academy (EPA).

Heboh Anggota Exco PSSI Kritik Shin Tae-yong hingga Tersinggung

Anggota Exco PSSI, Haruna Soemtiro, tengah menjadi perbincangan di dunia maya setelah dirinya mengkritik pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Hasil Lengkap dan Klasemen Liga Inggris: Manchester City Kian Menjauh

Liga Premier Inggris telah menyelesaikan pertandingan di pekan ke-22.