SOLOPOS.COM - Pengukuhan Tanoto Scholars yang merupakan para mahasiswa terpilih penerima Beasiswa TELADAN dari Tanoto Foundation, Selasa (25/1/2022). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Generasi muda Indonesia dihadapkan dengan berbagai perubahan, mulai dari kemajuan teknologi, perubahan ekonomi, lingkungan, gaya hidup, serta media. Hal ini dipercaya akan menciptakan lebih banyak tantangan di masa depan.

Sehingga Indonesia membutuhkan pemimpin – pemimpin yang mampu beradaptasi dan mengatasi masalah yang timbul akibat perubahan tersebut. Untuk itu generasi muda sebagai calon pemimpin harus dibentuk sejak awal.

Promosi Pentingnya Digitalisasi dalam Pengembangan Usaha Era Kini

Tanoto Foundation, sebagai lembaga filantropi independen di bidang pendidikan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada tahun 1981, sangat peduli dengan upaya peningkatan kapasitas kepemimpinan di kalangan generasi muda.

Upaya itu diimplementasikan melalui program TELADAN, sebuah program kepemimpinan yang memberi kesempatan untuk mengembangkan kepemimpinan berjenjang dan terstruktur. Juga pengembangan diri hingga tingkat global, pengabdian masyarakat, hingga mendapatkan sarana untuk berkolaborasi dan berjejaring selain dukungan beasiswa.

Baca juga: Penting Bagi Investor Pemula, Ini 6 Cara Main Saham dengan Modal Kecil

Program ini bertujuan untuk mencetak generasi pemimpin masa depan Indonesia yang memiliki sembilan karakter utama. Yaitu kompetensi, mampu membangun integritas, peduli sesama, inovatif, ketekunan dan daya juang (grit), jiwa pemberdaya, berwawasan internasional, motivasi kuat, serta sikap wirausaha. Para peserta program ini diharapkan nantinya akan memberikan dampak dan kontribusi kepada masyarakat.

Pada 2022 ini, pemberian Beasiswa TELADAN ditandai pengukuhan Tanoto Scholars yang merupakan para mahasiswa terpilih melalui seleksi, pada Selasa (25/1/2022). Mereka akan menjalani program TELADAN hingga lulus di semester delapan.

Hadir dalam pengukuhan, Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan, Kementerian Desa PDTT Republik Indonesia, Bito Wikantosa, S.S., M.Hum., CEO Global Tanoto Foundation, Dr. J.Satrijo Tanudjojo, serta perwakilan dari sembilan mitra perguruan tinggi.

Baca juga: Dilanjutkan pada 2022, Ini Para Pemenang TSRA Tanoto Foundation 2021

Jumlah mahasiswa penerima Beasiswa TELADAN pada tahun ini sebanyak 172 orang, berasal dari Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Brawijaya, Universitas Sumatra Utara, Institut Teknologi Bandung (ITB), IPB University, Universitas Indonesia (UI), Universitas Dipenogoro (Undip), Universitas Andalas, dan Universitas Riau.

Dalam sambutannya, J. Satrijo Tanudjojo mengatakan program Beasiswa TELADAN dimaksudkan agar para penerima beasiswa bisa berkontribusi kepada masyarakat dan lingkungan.

“Kami bersyukur bisa memberikan beasiswa kepada mahasiswa melalui program Beasiswa TELADAN. Ini sumbangsih kami agar tercipta SDM unggul yang kelak bisa memberikan kontribusi secara berkelanjutan kepada pembangunan di Indonesia. Mewakili Tanoto Foundation, kami ucapkan selamat kepada penerima Beasiswa TELADAN,” lanjut Satrijo.

Apresiasi Untuk Tanoto Foundation

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan, Kementerian Desa PDTT Bito Wikantosa, mengatakan bahwa mahasiswa memiliki peran penting agar Indonesia bisa mencapai target pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals atau SDGs).

“Pembangunan berkelanjutan bisa dimulai dari desa. Karena itu, para mahasiswa utamanya penerima Beasiswa TELADAN, untuk tidak melupakan daerah asalnya,” kata Bito.

Wakil Rektor bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University Drajat Martianto selaku perwakilan universitas penerima Beasiswa TELADAN berterima kasih kepada Tanoto Foundation yang konsisten memberikan beasiswa kepada para mahasiswa.

Baca juga: Penting Bagi Investor Pemula, Ini 6 Cara Main Saham dengan Modal Kecil

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB Jaka Sembiring juga turut mengapresiasi program Beasiswa TELADAN Tanoto Foundation, dan berharap para penerima beasiswa bersemangat untuk berkontribusi ke masyarakat.

Turut hadir juga dalam acara ini Pendiri Yayasan Kasih Bunda dan perancang busana, Anne Avantie yang memberikan semangat dan inspirasi bagi para Scholars. “Jangan lupa bersyukur dan pastikan kalian memanfaatkan kesempatan yang ada sebaik mungkin,” ucap Anne.

Sejak 2006 Tanoto Foundation konsisten memberikan beasiswa untuk mahasiswa Strata-1 berprestasi dari sembilan perguruan tinggi mitra. Hingga saat ini, telah memberikan manfaat kepada lebih dari 8.168 Tanoto Scholars dengan 676 penerima manfaat yang masih aktif sebagai mahasiswa.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya