Tanoto Foundation Kukuhkan 172 Mahasiswa Penerima Beasiswa TELADAN

Tanoto Foundation sangat peduli dengan upaya peningkatan kapasitas kepemimpinan di kalangan generasi muda melalui program Beasiswa TELADAN.

 Pengukuhan Tanoto Scholars yang merupakan para mahasiswa terpilih penerima Beasiswa TELADAN dari Tanoto Foundation, Selasa (25/1/2022). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Pengukuhan Tanoto Scholars yang merupakan para mahasiswa terpilih penerima Beasiswa TELADAN dari Tanoto Foundation, Selasa (25/1/2022). (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Generasi muda Indonesia dihadapkan dengan berbagai perubahan, mulai dari kemajuan teknologi, perubahan ekonomi, lingkungan, gaya hidup, serta media. Hal ini dipercaya akan menciptakan lebih banyak tantangan di masa depan.

Sehingga Indonesia membutuhkan pemimpin – pemimpin yang mampu beradaptasi dan mengatasi masalah yang timbul akibat perubahan tersebut. Untuk itu generasi muda sebagai calon pemimpin harus dibentuk sejak awal.

PromosiPeningkatan Ekspor Kopi Bisa Dimulai Dari Penanganan Masalah di Petani

Tanoto Foundation, sebagai lembaga filantropi independen di bidang pendidikan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada tahun 1981, sangat peduli dengan upaya peningkatan kapasitas kepemimpinan di kalangan generasi muda.

Upaya itu diimplementasikan melalui program TELADAN, sebuah program kepemimpinan yang memberi kesempatan untuk mengembangkan kepemimpinan berjenjang dan terstruktur. Juga pengembangan diri hingga tingkat global, pengabdian masyarakat, hingga mendapatkan sarana untuk berkolaborasi dan berjejaring selain dukungan beasiswa.

Baca juga: Penting Bagi Investor Pemula, Ini 6 Cara Main Saham dengan Modal Kecil

Program ini bertujuan untuk mencetak generasi pemimpin masa depan Indonesia yang memiliki sembilan karakter utama. Yaitu kompetensi, mampu membangun integritas, peduli sesama, inovatif, ketekunan dan daya juang (grit), jiwa pemberdaya, berwawasan internasional, motivasi kuat, serta sikap wirausaha. Para peserta program ini diharapkan nantinya akan memberikan dampak dan kontribusi kepada masyarakat.

Pada 2022 ini, pemberian Beasiswa TELADAN ditandai pengukuhan Tanoto Scholars yang merupakan para mahasiswa terpilih melalui seleksi, pada Selasa (25/1/2022). Mereka akan menjalani program TELADAN hingga lulus di semester delapan.

Hadir dalam pengukuhan, Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan, Kementerian Desa PDTT Republik Indonesia, Bito Wikantosa, S.S., M.Hum., CEO Global Tanoto Foundation, Dr. J.Satrijo Tanudjojo, serta perwakilan dari sembilan mitra perguruan tinggi.

Baca juga: Dilanjutkan pada 2022, Ini Para Pemenang TSRA Tanoto Foundation 2021

Jumlah mahasiswa penerima Beasiswa TELADAN pada tahun ini sebanyak 172 orang, berasal dari Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Brawijaya, Universitas Sumatra Utara, Institut Teknologi Bandung (ITB), IPB University, Universitas Indonesia (UI), Universitas Dipenogoro (Undip), Universitas Andalas, dan Universitas Riau.

Dalam sambutannya, J. Satrijo Tanudjojo mengatakan program Beasiswa TELADAN dimaksudkan agar para penerima beasiswa bisa berkontribusi kepada masyarakat dan lingkungan.

“Kami bersyukur bisa memberikan beasiswa kepada mahasiswa melalui program Beasiswa TELADAN. Ini sumbangsih kami agar tercipta SDM unggul yang kelak bisa memberikan kontribusi secara berkelanjutan kepada pembangunan di Indonesia. Mewakili Tanoto Foundation, kami ucapkan selamat kepada penerima Beasiswa TELADAN,” lanjut Satrijo.

Apresiasi Untuk Tanoto Foundation

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan, Kementerian Desa PDTT Bito Wikantosa, mengatakan bahwa mahasiswa memiliki peran penting agar Indonesia bisa mencapai target pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals atau SDGs).

“Pembangunan berkelanjutan bisa dimulai dari desa. Karena itu, para mahasiswa utamanya penerima Beasiswa TELADAN, untuk tidak melupakan daerah asalnya,” kata Bito.

Wakil Rektor bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University Drajat Martianto selaku perwakilan universitas penerima Beasiswa TELADAN berterima kasih kepada Tanoto Foundation yang konsisten memberikan beasiswa kepada para mahasiswa.

Baca juga: Penting Bagi Investor Pemula, Ini 6 Cara Main Saham dengan Modal Kecil

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB Jaka Sembiring juga turut mengapresiasi program Beasiswa TELADAN Tanoto Foundation, dan berharap para penerima beasiswa bersemangat untuk berkontribusi ke masyarakat.

Turut hadir juga dalam acara ini Pendiri Yayasan Kasih Bunda dan perancang busana, Anne Avantie yang memberikan semangat dan inspirasi bagi para Scholars. “Jangan lupa bersyukur dan pastikan kalian memanfaatkan kesempatan yang ada sebaik mungkin,” ucap Anne.

Sejak 2006 Tanoto Foundation konsisten memberikan beasiswa untuk mahasiswa Strata-1 berprestasi dari sembilan perguruan tinggi mitra. Hingga saat ini, telah memberikan manfaat kepada lebih dari 8.168 Tanoto Scholars dengan 676 penerima manfaat yang masih aktif sebagai mahasiswa.

 

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

+ PLUS Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Berita Terkini

2021, Indonesia Re Masih Rugi Rp517,86 Miliar

Pendapatan premi bruto PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) mencapai Rp5,12 triliun atau turun tipis sebesar 1,16% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp5,18 triliun.

Oscar Living (OLIV) Listing di BEI, Saham Naik di Awal Perdagangan

Terlaksananya IPO ini, OLIV berharap untuk terus menjadi pemimpin pasar pedagang furniture khususnya secara online serta mengambil bagian dalam industri ekonomi digital dan kreatif nasional.

Duh, Bank Bukopin (BBK) Merugi 688 Persen, Ini Penyebabnya

Kookmin Bank dari Korea Selatan sebagai pengendali KB Bukopin mengalami pembengkakan kerugian dari Rp167,1 miliar menjadi Rp1,32 triliun per kuartal I/2022 dibandingkan tahun sebelumnya.

Kurs Rupiah ke Dolar AS Menguat, Begini Harga di BRI dan BCA

Kurs mata uang terhadap dolar AS bervariasi pada Selasa (17/5/2022).

Harga Emas Berpotensi Menguat, Ini Penyebabnya

Harga emas diperkirakan menguat pada Selasa 17 Mei 2022 sebagai imbas dari koreksi imbal hasil surat berharga pemerintah AS.

Siap Gelar Demo Besar-Besaran, Ini Lima Tuntunan Petani Sawit

Para petani bakal menggelar aksi demontrasi terkait larangan ekspor minyak goreng dan CPO di Istana Negara, Jakarta pada Selasa (17/5/2022) ini.

Kartu Prakerja Gelombang 29 Dibuka, Cek Syarat dan Ketentuannya

Sejak Minggu (15/5/2022), pendaftaran program kartu prakerja dibuka.

Arab Saudi Naikkan Kapasitas Produksi Minyak 13 Juta Barel pada 2027

Arab Saudi meningkatkan produksi minyak hingga 13 juta bph pada 2027.

Sri Lanka Lego Maskapai Nasional, Ada Apa?

Pemerintah Sri Lanka akan melego maskapai pelat merah Srilankan Airlines sebagai imbas Sri Lanka gagal bayar utang.

Digugat Rp322 Miliar Terkait Tabungan Emas, PT Pegadaian Tak Gentar

Terkait dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas, PT Pegadaian menyatakan siap mengikuti proses hukum.

Menkop: Koperasi Bisa Produksi Minyak Goreng Sendiri, Ini Tujuannya

Produksi minyak goreng yang dilakukan oleh koperasi standar harus dikecualikan dan tidak harus berwarna putih atau bening.

Masih Stagnan! Simak Harga Emas 24 Karat Pegadaian, Selasa 17 Mei 2022

Pergerakan harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Selasa (17/5/2022) hari ini terpantau stagnan baik untuk cetakan Antam maupun UBS.

Sempat Anjlok 5 Sesi Pekan Lalu, Cek Prediksi Pergerakan IHSG Hari Ini

Pergerakan Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi akan menguat pada perdagangan awal besok, Selasa (17/5/2022).

Sentuh Miliaran per Bulan, Intip Gaji Direksi 10 Bank Terbesar di RI

Berdasarkan tabulasi yang dilakukan Bisnis pada Senin (16/5/2022), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) menjadi jawara bank dengan aset terbesar di Tanah Air.

Kartu Prakerja Gelombang 29 Dibuka, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

Kartu Prakerja gelombang 29 telah dibuka pada Minggu (15/5/2022). Pengumuman itu dirilis sehari setelah daftar peserta gelombang 28 diputuskan.

Kudus Festival di Jakarta Angkat Produk Unggulan UMKM Kota Kretek

Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) bakal menghelat acara Kudus Festival. Even tersebut direncanakan berlangsung pada 21 dan 22 Mei 2022 mendatang.