SOLOPOS.COM - Tanjakan ekstrem di jalur lama Tawangmangu-Sarangan. (Facebook)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jalur lama TawangmanguSarangan merupakan salah satu tanjakan ekstrem di wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kawasan ini pun sering menjadi lokasi kecelakaan yang tak jarang memakan korban jiwa.

Tanjakan tersebut tepatnya berada di jalan raya Sarangan-Mojosemi ke arah Cemoro Sewu. Sudah banyak pengendara yang gagal menaklukkan tanjakan curam tersebut. Bukan hanya pengguna sepeda motor, pengemudi mobil mewah pun sering kali gagal mengemudikan kendaraan dengan baik di sana.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca juga: Tanjakan Paling Curam di Karanganyar, Kemiringan 20 Derajat

Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (15/3/2022), dibutuhkan kemampuan berkendara yang baik dan kondisi kendaraan prima untuk menaklukkan tanjakan lama di jalur Tawangmangu-Sarangan itu.

Jalur rawan kecelakaan itu berada di sekitar Kantor Kelurahan Blumbang, Tawangmangu. Pada 2017 lalu terjadi kecelakaan maut di lokasi tersebut yang menelan enam korban jiwa.

Dalam kondisi tertentu, jalur tersebut dibuat satu arah. Hal ini disebabkan lokasi tersebut rawan kecelakaan karena memiliki tikungan tajam dan kondisinya yang cukup sempit serta kurang memadai. Rata-rata kecelakaan di jalur lama melibatkan kendaraan roda dua maupun empat.

Baca juga: Deretan Tanjakan Curam di Karanganyar, Hati-Hati!

Diberitakan sebelumnya, jalur menuju ke sejumlah objek wisata di Karanganyar, khususnya di Ngargoyoso, Tawangmangu, Sarangan, serta Jenawi, memiliki kontur khas pegunungan yang didominasi didominasi tikungan tajam dan tanjakan curam. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengendara yang ahli serta mengenali medan dan kondisi kendaraan prima untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya