SOLOPOS.COM - ilustrasi pelelangan ikan hasil tangkapan. (JIBI/dok)

Hasil tangkapan nelayan Jepara meningkat hingga mereka berhasil meraih pendapatan 1,5 Juta/hari.

Kanalsemarang.com, JEPARA – Hasil tangkapan para nelayan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah selama sepekan terakhir mulai meningkat dibandingkan dengan hasil tangkapan sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saiful, salah seorang nelayan di Jepara, Kamis (22/10/2015) mengakui hasil tangkapannya saat ini ada perningkatan dibandingkan sebelumnya minim hasil tangkapan.

Selama sehari melaut pada Rabu (21/10/2015), dia mengaku mendapatkan hasil tangkapan ikan sebanyak 12 jerigen, sedangkan sebelumnya hanya mendapatkan enam jerigen ikan.

Dengan hasil tangkapan sebanyak itu, dia bisa mendapatkan uang sekitar Rp1,5 juta.

Jenis ikan yang diperoleh, lanjut dia, antara lain ikan muniran, cumi-cumi, kapasan, dan petek.

Ombak tinggi selama musim timuran, kata dia, memang tidak menentu, namun ombak tinggi sering terjadi pada siang hari ketika perjalanan pulang ke daratan.

“Berangkat melaut memang lebih pagi sehingga selama menangkap ikan tidak ada gelombang tinggi,” ujarnya.

Ketika terjadi gelombang tinggi, dia mengaku, sulit mendapatkan ikan.

Nelayan yang lainnya, Nur Sodiq mengungkapkan, hasil tangkapannya saat ini hanya enam jerigen dengan harga lelang sekitar Rp700.000.

Harga jual ikan, kata dia, tergantung harga jual di pasaran, ketika harga jualnya sedang tinggi tentu akan mendapatkan hasil yang tinggi pula.

Menurut dia, hasil tangkapan ikan di laut yang diperolehnya itu masih cukup bagus, dibanding sebelumnya jauh lebih sedikit karena faktor cuaca.

Masa panen para nelayan, kata dia, ketika memasuki musim penghujan, namun hingga sekarang belum juga memasuki musim penghujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya