SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Whatsapp dikabarkan tengah menjajal fitur baru yang bisa dipakai menyaring gambar hoaks. Fitur anyar tersebut diberi nama reverse image search alias pencarian terbalik. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan pencarian sekaligus mendeteksi keaslian gambar yang dikirim lewat obrolan.

Dikabarkan GSM Arena, Minggu (6/3/2019), reverse image search sebenarnya berfungsi mengunggah gambar dari Whatsapp ke layanan Google Search untuk ditelusuri asalnya. Nantinya, Google akan menunjukkan hasil apakah gambar tersebut sebelumnya pernah diunggah atau tidak.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Reverse image search di Whatsapp sangat bermanfaat bagi negara yang sering diguncang isu hoaks. Fitur ini sedang diuji coba di Whatsapp versi Beta 2.19.73 untuk Android. Pengguna yang ingin menjajal fitur anyar ini harus memperbarui aplikasi Whatsapp yang terpasang di smartphone terlebih dulu.

Cara menggunakan fitur reverse image search di Whatsapp cukup mudah. Pengguna hanya perlu menyentuh dan menahan gamba pada obrolan sampai muncul menu pop-up. Selanjutnya, pilih search image yang secara otomatis membuat gambar tersebut ditelusuri lewat Google Search.

Ini bukan kali pertama Whatsapp meluncurkan fitur baru yang dapat meminimalisasi penyebaran hoaks. Sebelumnya, Whatsapp telah membatasi pesan terusan. Setiap pesan hanya bisa diteruskan kepada lima orang dalam satu waktu. Fitur ini diluncurkan mengingat Whatsapp menjadi platform pesan instan paling populer yang berpotensi menjadi ladang penyebaran hoaks yang subur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya