Tangkal Hoaks, Whatsapp Jajal Fitur Pencarian Gambar

Whatsapp dikabarkan tengah menjajal fitur baru yang bisa dipakai menyaring gambar hoaks. Fitur anyar tersebut diberi nama reverse image search alias pencarian terbalik. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan pencarian sekaligus mendeteksi keaslian gambar yang dikirim lewat obrolan.

Tangkal Hoaks, Whatsapp Jajal Fitur Pencarian Gambar

SOLOPOS.COM - Ilustrasi logo Whatsapp (Digit.in)

Solopos.com, SOLO – Whatsapp dikabarkan tengah menjajal fitur baru yang bisa dipakai menyaring gambar hoaks. Fitur anyar tersebut diberi nama reverse image search alias pencarian terbalik. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan pencarian sekaligus mendeteksi keaslian gambar yang dikirim lewat obrolan.

Dikabarkan GSM Arena, Minggu (6/3/2019), reverse image search sebenarnya berfungsi mengunggah gambar dari Whatsapp ke layanan Google Search untuk ditelusuri asalnya. Nantinya, Google akan menunjukkan hasil apakah gambar tersebut sebelumnya pernah diunggah atau tidak.

Reverse image search di Whatsapp sangat bermanfaat bagi negara yang sering diguncang isu hoaks. Fitur ini sedang diuji coba di Whatsapp versi Beta 2.19.73 untuk Android. Pengguna yang ingin menjajal fitur anyar ini harus memperbarui aplikasi Whatsapp yang terpasang di smartphone terlebih dulu.

Cara menggunakan fitur reverse image search di Whatsapp cukup mudah. Pengguna hanya perlu menyentuh dan menahan gamba pada obrolan sampai muncul menu pop-up. Selanjutnya, pilih search image yang secara otomatis membuat gambar tersebut ditelusuri lewat Google Search.

Ini bukan kali pertama Whatsapp meluncurkan fitur baru yang dapat meminimalisasi penyebaran hoaks. Sebelumnya, Whatsapp telah membatasi pesan terusan. Setiap pesan hanya bisa diteruskan kepada lima orang dalam satu waktu. Fitur ini diluncurkan mengingat Whatsapp menjadi platform pesan instan paling populer yang berpotensi menjadi ladang penyebaran hoaks yang subur.

Berita Terkait

Berita Terkini

Dari Anak Kolong, Aditya Prayoga Menjelma jadi Juru Penolong

Aditya Prayoga mendirikan Rumah Makan Gratis yang berada di beberapa lokasi, yaitu di Cilangkap, Ciangsana, Depok, Pasar Minggu, dan Jatisampurna.

Pelaku Usaha Empon-Empon Boyolali Ikut Terpukul Dampak PPKM Darurat

Kalangan pelaku usaha empon-empon di Kabupaten Boyolali turut terdampak PPKM darurat yang dilanjut dengan PPKM level.

Alaska Putri Klaten Bidik Gelar di Ajang Gerakan Sepak Bola Wanita Jateng 2021

Tim sepak bola putri Aliansi Suporter Klaten (Alaska) menargetkan trofi dalam kompetisi Gerakan Sepak Bola Wanita (GSWI) Regional Jateng U-23.

Kerap Diserang Netizen, Pandji Pragiwaksono Kangen Era SBY

Pandji Pragiwaksono kerap menerima komentar pedas dari sejumlah tokoh yang merupakan pendukung pemerintah.

Suporter Persis Solo akan Jadi Sasaran Vaksinasi, Begini Tanggapan Pentolan Pasoepati

Sejumlah tokoh suporter di Kota Solo menyambut baik rencana DPP Pasoepati yang hendak menggelar program vaksinasi suporter bersama Pemkot Solo.

Pencairan Insentif Penanganan Covid-19 Untuk Nakes Kota Solo Lampaui 50%

Pencairan insentif untuk para tenaga kesehatan atau nakes yang menangani pasien Covid-19 di Kota Solo sudah melampaui 50%.

HERO Alihkan Gerai ke Pihak Ketiga

Hero secara keseluruhan kini mengoperasikan 395 gerai tetapi angka tersebut akan berkurang menyusul peralihan fokus yang sedang dilakukan.

Gubernur DKI Minta Dua Harimau Ragunan Dites PCR

Gubernur DKI berpesan agar pengelola terus memantau kondisi kesehatan Tino, Hari maupun satwa lainnya yang ada di TMR.

Mantap! Tempat Isolasi Terpusat GOR Gelarsena Klaten Bakal Dilengkapi Fasilitas Olahraga dan Buku

Fasilitas di tempat isolasi terpusat GOR Gelarsena Klaten bakal ditambah. Rencananya, tempat isolasi terpusat itu bakal ditambahi perlengkapan olahraga hingga buku.

Kisah Pilu Azalea, Bayi 9 Bulan asal Sragen yang Harus BAB Lewat Perut

Nasib malang dialami bayi berumur sembilan bulan asal Sidoharjo, Sragen, yang mengalami kelainan hingga harus BAB lewat perut.

Dua Harimau Ragunan Tertular Corona dari Siapa?

Ada kemungkinan kedua satwa itu tertular dari pasien orang tanpa gejala (OTG).

Ulama Golkar: Saatnya Pak Airlangga Jadi Presiden

Sebagai Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, kemampuan Airlangga untuk memimpin Indonesia tidak perlu diragukan lagi.