SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, SURABAYA — Demi mencegah adanya penyakit menular monkeypox atau cacar monyet, Dinas Kesehatan Jawa Timur (Dinkes Jatim) melakukan pengawasan ketat dengan memeriksa orang-orang yang masuk dari luar negeri di Bandara Internasional Juanda, Surabaya. 

Kepala Dinas Kesehatan Jatim Kohar Hari Santoso mengatakan pihaknya menyiapkan alat pendeteksi thermascanner untuk mendeteksi dini suhu tubuh agar virus tersebut tak masuk ke Jatim.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Mereka yang baru datang dari luar negeri di Bandara Juanda kami periksa. Kantor kesehatan pelabuhan juga sudah lakukan upaya itu,” ujar Kohar di Surabaya, Kamis (16/5/2019).

Kohar memastikan ada tiga alat thermascanner yang telah dipasang di Bandara Juanda. Tiga alat itu dirasa cukup oleh Pemprov Jatim.

“Semuanya itu disiagakan di kedatangan luar negeri di Bandara Juanda,” tuturnya.

Kohar memastikan hingga kini belum ada warga Jatim terpapar cacar monyet.

“Tapi memang harus diantisipasi dengan upaya teman di kantor kesehatan pelabuhan (KKP) diperbatasan negara itu kami tingkatkan,” ucapnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono mengatakan hingga saat ini belum ditemukan kasus monkeypox atau cacar monyet di Indonesia.

“Sampai saat ini belum ditemukan kasus monkeypox di Indonesia,” kata Anung dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Anung menjelaskan masyarakat tidak perlu panik dengan adanya pemberitaan mengenai adanya penyakit cacar monyet yang kemungkinan dapat masuk ke Indonesia. Meski demikian, masyarakat diimbau untuk senantiasa waspada dan menjaga kebersihan.

Monkeypox adalah penyakit akibat virus yang ditularkan melalui binatang (zoonosis). Penularan dapat terjadi melalui kontak dengan darah, cairan tubuh, atau lesi pada kulit atau mukosa dari binatang yang tertular virus.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya