Tanggulangi Pandemi Covid-19, Pemkot Madiun Siapkan Rp1,3 Miliar
Wali Kota Madiun Maidi menyemprotkan disinfektan di sejumlah fasilitas publik supaya steril dari virus corona, Jumat (20/3/2020). (Istimewa-Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Guna menanggulangi pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, mengalokasikan Rp1,3 miliar. Dana ini diambil dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT).

Awalnya, dana DBHCT ini dialokasikan untuk kegiatan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun. Namun, karena ada wabah corona akhirnya dana sebanyak itu dialihkan untuk penanganan corona yang dikelola Dinas Kesehatan dan KB.

Sekretaris Daerah Kota Madiun Rusdiyanto mengatakan dana tersebut nantinya digunakan untuk pengadaan alat pelindung diri (ADP), masker, hand sanitizer, thermal gun, dan disinfektan.

RSUD dr. Soeodono Rawat 1 Positif Corona, 4 PDP, dan 6 ODP

“Semua potensi penyakit tidak bisa kita kesampingkan. Apa yang ada lebih dulu diselesaikan. Silakan didata kebutuhan perlengkapan untuk menanggulangi virus corona,” kata dia saat rapat koordinasi tim remunerasi dan tim anggaran Kota Madiun, Jumat (20/3/2020).

Rusdiyanto menyampaikan ada masukan dari rumah sakit dan Dinas Kesehatan untuk pengadaan ADP dan perlengkapan penanganan corona. Untuk penanganan cepat bisa menggunakan dana yang sudah diplot atau dana tidak terduga, seperti BLUD atau DBHCHT.

“Kalau tidak, bisa dialihkan untuk pengadaan perlengkapan penanganan Covid-19 yang memang segera dibutuhkan ini. OPD mana yang mendapatkan ploting DBHCHT dan bersedia untuk mengalokasikan ke pengadaan peralatan penanganan korona untuk segera berkoordinasi dengan Dinkes,” kata dia.

Dicurhati Pelajar di IG, Wawali Madiun: Berarti Mereka Stay Di Rumah

Lebih lanjut, Sekda berharap organisasi pernagkat daerah yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 untuk segera mendata kebutuhan selama masa tanggap darurat ini.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho