SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO—Anggaran penanggulangan bencana banjir di Kota Solo pada 2012 bakal naik signifikan. Melalui pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2012, Badan Anggaran (Banggar) DPRD menganggarkan senilai Rp750 juta. Nilai tersebut naik lebih dari 20 kali lipat dibanding 2011 ini yang hanya sekitar Rp37 juta.

Wakil Ketua Banggar DPRD Kota Solo, Supriyanto mengemukakan, anggaran penanggulangan banjir yang akan disiapkan di APBD 2012 itu khusus untuk urusan logistik.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Jadi bukan untuk penanggulangan banjir secara keseluruhan. Sebab di SKPD-SKPD (satuan kerja perangkat daerah) seperti Dinsosnakertrans (Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi), DPU (Dinas Pekerjaan Umum, juga telah dianggarkan khusus untuk penanganan masalah banjir,” ujar Supriyanto kepada wartawan, Sabtu (19/11).

Supriyanto menyebutkan, sumbangan dari partisipasi masyarakat saat terjadi musibah banjir besar di Kota Solo pada 2010 lalu juga masih tersisa sekitar Rp600 juta yang telah masuk kas daerah. Anggaran itu rencananya juga akan dialokasikan untuk penanganan banjir 2012.

Supriyanto juga mengakui ada keteledoran Pemkot dalam mengalokasikan anggaran yang hanya sekitar Rp30 juta untuk penanggulangan bencana banjir pada 2012 mendatang.

“Pasalnya, Pemkot memperkirakan adanya perubahan struktur organisasi tata kerja (SOTK) yang baru di tahun depan, yakni dengan rencana pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang secara khusus akan menangani penanggulangan bencana tersebut. Namun ternyata tidak jadi dibentuk,” katanya.(SOLOPOS/JIBI/sry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya