Tanggul Sungai Jebol, Desa di Kudus Tergenang Banjir

Sejumlah desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), tergenang banjir akibat meluapnya Sungai Dawe akibat hujan lebat pada Selasa (30/11/2021) dini hari.

 Sejumlah warga Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, membersihkan sampah pasca-dilanda banjir bandang, Senin (29/11/2021). (Solopos.com/Antara)

SOLOPOS.COM - Sejumlah warga Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, membersihkan sampah pasca-dilanda banjir bandang, Senin (29/11/2021). (Solopos.com/Antara)

Solopos.com, KUDUS — Bencana banjir kembali melanda Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng). Kali ini banjir melanda daerah di Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, akibat tanggul Sungai Dawe yang jebol, Selasa (30/11/2021) dini hari WIB.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Budi Waluyo, jebolnya tanggul Sungai Dawe yang ada di Desa Golantepus, Kecamatan Mejobo, itu terjadi pada Selasa dini hari, sekitar pukul 00.15 WIB.

Tanggul Sungai Dawe jebol akibat tak mampu menampung debit air yang meningkat tajam akibat turunnya hujan deras. Alhasil, tanggul dengan panjang 15 meter jebol dan membuat permukiman warga dan jalan utama desa tergenang.

Baca juga: Banjir Kudus Belum Hilang Meski Sudah 2 Pekan, 632 Warga Masih Mengungsi

Selain di Desa Golantepus, banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Dawe di Kudus itu juga melanda Desa Mejobo dan Desa Temulus. Banjir yang terjadi setelah hujan turun itu mengakibatkan rumah warga dan jalan desa di Mejobo tergenang. Selain Desa Mejobo, warga di Desa Temulus juga tergenang banjir.

Menurut Anggota DPRD Kudus, Sadiyanto, yang tinggal di Desa Mejobo, drainase yang sudah lama mengalami pendangkalan memperparah banjir yang terjadi saat hujan deras turun. “Saya sendiri sudah mengusulkan adanya pemeliharaan saluran melalui pandangan fraksi-fraksi saat sidang paripurna DPRD Kudus dengan harapan airnya bisa mengalir dengan lancar,” katanya, dikutip Antara, Selasa.

“Kenyataannya, karena salurannya dangkal sehingga debit air yang tinggi mengakibatkan banjir. Terlebih hari ini dikabarkan ada tanggul sungai yang jebol,” imbuhnya. Ia pun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus segera mengatasi penyebab banjir di Desa Mejobo dan daerah sekitarnya.

Baca juga: Penipuan Modus Gendam di Semarang Diungkap, Korban Rugi Rp3 Miliar

Sebelumnya banjir juga melanda Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Total ada sekitar 62 rumah warga dan satu tempat wisata, yakni Sendang Dewot, yang diterjang banjir bandang pada Senin (29/11/2021).

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Diduga Korban Penganiayaan, Polisi Bongkar Makam Siswa SD di Grobogan

Seorang siswa sekolah dasar atau SD di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), meninggal dunia, diduga menjadi korban penganiayaan teman-temannya.

Diringkus, Suami yang Bunuh Istri di Semarang

Suami yang bunuh sang istri di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), dan bawa kabur anaknya akhirnya ditangkap polisi.

Ngeri! Atap Kelas Nyaris Ambrol, SD di Kudus Ini Masih Digunakan Siswa

Siswa sebuah sekolah dasar atau SD di Kudus, Jawa Tengah (Jateng), diliputi perasaan waswas setiap belajar di ruang kelasnya karena kondisi bangunan yang telah rusak.

Pemandian Air Panas Krakal, Sensasi Spa Ala Jerman di Kebumen

Pemandian air panas Krakal di Kebumen, Jawa Tengah, dikenal sebagai Wiesbaden alias kota spa tertua di Jerman yang populer sejak zaman kolonial Belanda.

Ritual dan Pesugihan di Gunung Srandil Cilacap

Gunung Srandil di Cilacap, Jawa Tengah, menjadi destinasi wisata religi populer yang sering didatangi peziarah, termasuk untuk pesugihan.

Jejak Ki Semar di Gunung Srandil Cilacap, Sering Jadi Tempat Ritual

Gunung Srandil di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menjadi destinasi wisata religi karena diyakini menyimpan petilasan Ki Semar, sang leluhur Tanah Jawa.

ShopeePay Hadirkan Semangat UMKM Lokal di Kota Semarang

Penyelenggaran layanan pembayaran digital ShopeePay menghadirkan program Semangat UMKM di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Gurihnya Bisnis Budidaya Bandeng di Jepara, Bisa Raup Rp123 Juta

Budidaya bandeng di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, memiliki prospek yang menggiurkan.

Gawat! Alat Pemantau Gunung Api Sumbing Hilang Digondol Maling?

Alat pemantau Gunung Sumbing di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, hilang.

Asal-Usul Goa Jatijajar Kebumen, Berawal Dari Petani Mencabut Rumput

Goa Jatijajar di Kebumen, Jawa Tengah, ditemukan pada 1802 oleh seorang petani bernama Jayamenawi yang memiliki lahan pertanian di atas goa tersebut.

Kronologi Suami Bunuh Istri di Semarang, Kabur Usai Ketahuan Warga

Peristiwa pembunuhan melibatkan suami dan istri terjadi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Polda Jateng Raih Nilai Tertinggi ETLE Nasional, Ini Penyebabnya

Ditlantas Polda Jateng meraih nilai tertinggi dalam program ETLE Nasional Presisi, yakni program yang menjaring pelanggar lalu lintas melalui tilang elektronik.

Kejam! Pria di Semarang Bunuh Istri dan Kabur Bawa Anak

Peristiwa pembunuhan yang melibatkan suami terhadap istri terjadi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (15/1/2022).

Kisah TKI asal Kudus, Gaji Tak Diberi Hingga Kena Deportasi

Kisah sedih berasal dari seorang perempuan asal Kabupaten Kudus yang menjadi TKI melalui agen penyaluran ilegal di Malaysia.

Tepergok Pemilik Rumah Saat Curi Uang, Kurir di Grobogan Ditangkap

Berdalih sedang tertilit utang, seorang kurir barang nekat mencuri uang di rumah pemilik paketan barang di Desa Bendoharjo, Kecamatan Gabus, Grobogan.

Berikut Prakiraan Cuaca Berbagai Daerah di Jateng Selama Sepekan

BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang merilis prakiraan cuaca di berbagai daerah di Jateng selama sepekan terkait cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin kencang dan petir.