SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Solopos.com) – Tanggul lama Sungai Bengawan Solo sepanjang sekitar satu kilometer yang membentang dari Kelurahan Sangkrah hingga Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon diusulkan dipugar pada 2012 mendatang.

Usulan pemugaran tanggul tersebut disampaikan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang didanai Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Lurah Sangkrah, Mahendra, saat ditemui wartawan seusai melakukan survei ke tanggul lama, Senin (9/5), mengatakan keberadaan tanggul yang dibangun Paku Buwono X tersebut sangat vital bagi warganya. Selain untuk menghambat luberan air dari Sungai Bengawan Solo, tanggul tersebut juga digunakan sebagai jalan perkampungan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun begitu, kondisi jalan di atas tanggul tersebut sebagian besar masih berupa tanah. ”Karena masih berupa tanah, kalau hujan becek. Padahal, kendaraan roda dua lalu lalang di atas tanggul itu,” kata Mahendra. Hal senada juga disampaikan Lurah Semanggi, Agus Santoso. Menurutnya, usulan pemugaran tanggul lama tersebut sudah disampaikan kepada Kodim 0735/Solo.

Ekspedisi Mudik 2024

Senin, jajaran anggota Kodim sudah melakukan survei ke lokasi. Agus berharap, usulan pemugaran tanggul lama tersebut bisa disetujui lantaran kondisi tanggul saat ini cukup memrihatinkan. Sementara itu, Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0735/Solo, Lili S, mengatakan tanggul lama Sungai Bengawan Solo merupakan satu dari empat pembangunan fisik yang diusulkan masyarakat melalui program TMMD. Di Kecamatan Laweyan, warga mengusulkan perbaikan jalan perkampungan yang menghubungkan Kelurahan Pajang dan Karangasem.

Di Kecamatan Banjarsari, warga mengusulkan perbaikan jalan perkampungan di Kelurahan Kadipiro. Sementara di Kecamatan Jebres, warga mengusulkan perbaikan jalan perkampungan di Kelurahan Mojosongo. ”Dana yang tersedia sekitar Rp 200 juta dari Pemprov Jateng dan Pemkot Solo. Usulan-usulan itu nanti akan kami seleksi. Hanya satu usulan yang akan kami setujui,” kata Lili.

mkd

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya