SOLOPOS.COM - Tebing Gunung Lawu. (Istimewa/Tim SAR Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pembangunan tangga menuju puncak Gunung Lawu segera direalisasikan pada tahun ini. Pembangunan infrastruktur ini dilakukan salah satunya untuk mencegah pendaki tersesat.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menegaskan tangga tersebut akan menyelamatkan banyak orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ini [tangga ke puncak Lawu] bisa menyelamatkan banyak orang. Tidak ada lagi yang tersesat saat mendaki Lawu,” tuturnya ketika dijumpai wartawan di Gedung DPRD Karanganyar pada Rabu (22/6/2022).

Nantinya pembangunan infrastruktur ini akan menggandeng sukarelawan serta aktivis pencinta alam.

“Hari ini tadi kami audiensi dengan sukarelawan, pecinta Lawu dari wilayah Lereng Lawu, seperti [Kecamatan] Karangpandan, Ngargoyoso, Tawangmangu, Jenawi, dan lainnya,” sambung dia.

Baca juga: Kronologi 2 Motor Adu Banteng di Karanganyar, 1 Orang Meninggal

Tangga itu nantinya dibuat menyusuri jalur pendakian yang sudah ada dilengkapi lampu penerangan, sehingga bisa dilalui siapapun.

“Tangga dibuat dengan bebatuan. Batu-batu di sekitar lokasi. Jadi tidak akan merusak alam,” ujarnya.

Rencananya tangga menuju puncak Gunung Lawu dibuat sepanjang 12 kilometer dari pos pendakian Gunung Lawu melalui Cemoro Kandang, Kecamatan Tawangmangu.

Bupati akan mencari sumber pendanaan melalui corporate social responsibility (CSR) untuk merealisasikan tangga hingga puncak Lawu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya