Jose Mourinho (Twitter-@SpursOfficial)

Solopos.com, LONDONJose Mourinho bukanlah sosok pelatih yang gemar mengorbitkan pemain muda untuk menjadi pilihan utama timnya. Manajer 56 tahun itu cenderung pragmatis dalam memperkuat tim yakni dengan memboyong pemain-pemain yang sudah “jadi”.

Namun Mourinho tampaknya perlu mengubah pendekatan tersebut ketika menangani Tottenham Hotspur. Klub berjuluk The Lilywhites itu diyakini tak memiliki banyak dana untuk mencetak transfer besar di bursa musim dingin Januari 2020 nanti.

Padahal Mourinho dikabarkan berminat pada pemain bintang macam Gareth Bale serta Paulo Dybala untuk meningkatkan daya saing tim yang kini terjebak di papan tengah Liga Inggris. Bale sendiri bukan nama asing bagi Mou karena dia sempat berencana membeli local hero Tottenham itu saat melatih Manchester United. Pembelian Bale bisa menjadi gebrakan The Special One di awal era kepemimpinannya di tim London Utara.

Namun Mourinho disebut tak akan terlalu banyak menuntut tim barunya di bursa transfer Januari. Dilansir The Guardian, Kamis (21/11/2019), Mourinho mengisyaratkan Tottenham memang tak punya banyak uang. Meski demikian, sang pelatih mengaku senang karena timnya memiliki pengelolaan akademi yang bagus.

“Saya menyukai skuad ini dan melihat para pemain muda. Tidak ada satu pun manajer di dunia yang tidak bahagia punya pemain muda dan membantu mereka berkembang. Tidak ada,” ucap Mourinho.

Beberapa musim terakhir Tottenham mampu mempromosikan pemain top dengan nama Harry Kane yang paling menonjol. Musim ini Spurs memiliki Harry Winks, Kyle Walker-Peters dan Oliver Skipp yang mulai menembus jajaran starter. Tottenham juga masih punya Filip Lesniak, Luke Amos dan Kazaiah Sterling yang bisa sewaktu-waktu diberi kepercayaan menembus tim inti.

Mourinho mengaku tak ragu menetapkan proyek dengan pemain muda untuk pengembangan klub jangka panjang. Dia merasa selama ini Lilywhites sudah memberi bukti dari produk binaan mereka.

“Terkadang, masalahnya adalah ketika Anda berada di klub dan yang berada di bawah Anda [akademi] tidak cukup baik untuk menyuplai pemain utama. Dalam sejarah akademi selalu memberikan pemain yang dibutuhkan tim utama. Saya harap ke depan bisa bekerja dengan profil yang seperti ini,” ucap Mou.

Di sisi lain, sejumlah pihak menyarankan Mourinho segera merekrut Bale sebagai pembelian pertama tim Januari nanti. Apalagi peluang itu diyakini terbuka lebar mengingat hubungan Bale dengan Real Madrid yang kembali meruncing. Saat selebrasi kelolosan ke Piala Eropa 2020 bersama Wales, Bale membawa bendera bertuliskan “Wales. Golf. Madrid. Dalam Urutan Itu” yang ditafsirkan sebagai prioritas Bale saat ini.

“Bale akan akan menjadi pembelian yang hebat untuk klub. Pembelian itu juga bisa membuat banyak orang langsung berpihak padanya [Mourinho]. Para fans juga akan sangat menyukainya,” ucap eks Pelatih Tottenham, Harry Redknapp, dilansir Daily Mail.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten