Tanda-tanda Kiamat Kecil dan Besar, Salah Satunya Kerusakan di Bumi?

Kiamat merupakan kejadian yang menjadi tanda berakhirnya kehidupan.

Selasa, 16 Agustus 2022 - 21:55 WIB Penulis: Asharina Zahra' Maulidina Editor: Sri Sumi Handayani | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kiamat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Kiamat merupakan kejadian yang menjadi tanda berakhirnya kehidupan.

Datangnya hari kiamat, baik kiamat kecil maupun besar, menjadi rahasia Allah. Tak ada satupun orang yang mengetahui.

Kiamat kecil atau kematian merupakan berakhirnya kehidupan manusia di dunia. Kiamat besar atau hancurnya seluruh semesta alam ditandai dengan petunjuk yang tercantum dalam Alquran.

Berikut ini Solopos.com rangkum tanda-tanda kiamat besar, seperti dikutip dari Tafsir ‘Ilmi, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Selasa (16/8/2022).

Tanda kiamat kecil:

1. Terbelahnya bulan

Kaum musyrikin pernah meminta Nabi untuk menunjukkan kenabian. Kemudian, terjadilah peristiwa terbelahnya bulan saat Nabi Muhammad berada di Makkah. Peristiwa ini juga disebutkan dalam hadis riwayat Ahmad dari Ibn Mas’ud.

Baca Juga : Tanda-Tanda Kiamat Sugra atau Kiamat Kecil, Nomor 10 Sudah Terjadi!

2. Api dari Madinah yang cahayanya terlihat dari Kota Busra di Syam (Suriah)

3. Banyak budak perempuan melahirkan tuannya dan banyak bangunan tinggi

Nabi Muhammad SAW telah menjelaskan tanda kiamat ini dalam hadis riwayat al-Bukhari dan Muslim dari Umar bin al-Khattab

4. Banyak kebodohan dan ilmu agama hilang

Tanda kiamat bumi:

1. Kerusakan di darat dan laut

Semakin dunia bertambah tua, terlihat kerusakan bumi yang terus meningkat. Seperti, banyak hutan gundul menjadi penyebab bencana longsor dan banjir. Lingkungan perkotaan semakin kumuh, pencemaran tanah hingga pencemaran air semakin parah. Alquran menegaskan bahwa kerusakan bumi terjadi akibat dari ulah manusia yang tidak amanah menjaga bumi.

Baca Juga : Tren hingga Fenomena Beberapa Tahun Terakhir ini Disebut Mirip Tanda-Tanda Kiamat

2. Kerusakan di udara

Salah satu ciptaan Allah adalah langit, bagian atas permukaan bumi. Terdapat benda-benda seperti matahari, bulan, bintang, planet.

Kerusakan langit disebabkan polusi udara dari aktivitas manusia seperti pembakaran hutan/lahan, penggunaan bahan bakar minyak berlebih, serta sisa gas pendingin ruangan yang tidak terkendali. Apabila hawa nafsu tidak dikendalikan, maka langit dan bumi akan rusak akibat keinginan, kerakusan untuk berburu kepuasan tidak berhenti.

3. Perubahan sistem sosial

Tak hanya sifat alamiah saja yang menjadi tanda terjadinya kiamat, tanda secara sosial di tengah kehidupan manusia juga bisa menjadi tanda.

Di antara tanda-tanda kecil kiamat adalah diutusnya Nabi Muhammad sebagai rasul terakhir untuk meluruskan akidah manusia yang menyimpang agar manusia kembali ke ajaran tauhid. Wafatnya Nabi Muhammad SAW menjadi pertanda bahwa sesudahnya hari akhir akan tiba.

Baca Juga : Soal Hadis 15 Ramadan Kiamat, Begini Penjelasan Buya Yahya

4. Selain itu, tanda akan terjadinya kiamat adalah matahari terbit dari arah barat dan muncul hewan melata dari dalam tanah. Matahari yang terbit dari arah barat menggambarkan bahwa alam semesta akan mengalami goncangan dahsyat.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif