SOLOPOS.COM - Piston (Astramotor.co.id)

Solopos.com, SOLO-Kamu harus tahu ciri-ciri atau tanda piston motor kamu rusak. Sebab jika tidak tahu dan kemudian kondisi tersebut dibiarkan, akan menyebabkan masalah yang lebih besar.

Salah satu perangkat pada kendaraan yang seringkali terlupakan keberadaannya adalah piston. Komponen kecil yang letaknya berada di dalam tabung mesin pembakaran ini memiliki fungsi yang cukup krusial dalam operasional sebuah kendaraan.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Tanpa piston, maka sebuah kendaraan tidak akan bisa dinyalakan. Atau jika piston dalam kondisi yang tidak prima, kendaraanmu bisa saja mogok sewaktu-waktu.

Nah, kamu pasti tidak mau mengalami hal tersebut, bukan? Berikut ini ciri-ciri atau tanda piston motor rusak, dikutip dari Astramotor.co.id.

 

Masalah yang Sering Terjadi Jika Piston Motor Rusak

 

  1. Kinerja mesin menurun

Salah satu indikasi piston motor kamu rusak dapat dilihat dari kinerja mesinnya. Apabila mesin motor terasa berat saat dinyalakan dan mengalami penurunan kinerja. Maka bisa dipastikan salah satu faktor yang menyebabkannya adalah kondisi piston yang mungkin sudah tidak prima.

Karena piston berkaitan erat dengan proses pembakaran, maka jika komponen yang satu ini mengalami kendala tentu akan mempengaruhi keseluruhan hasil pembakaran serta kinerjanya.

 

  1. Muncul asap putih dari knalpot

Selanjutnya, motor yang mengalami kerusakan pada bagian piston, biasanya akan mengeluarkan asap putih dalam kuantitas yang cukup banyak. Hal ini biasa disebabkan oleh ring piston yang sudah aus dan harus segera diganti. Solusinya, kamu hanya perlu membawanya ke bengkel terdekat untuk mendapatkan reparasi dari teknisi profesional.

 

  1. Kendaraan susah dinyalakan

Apakah motormu mengalami kesulitan saat akan dinyalakan? Atau mungkin belakangan sering mengalami mogok di tengah jalan? Nah, hal semacam ini bisa jadi terjadi karena disebabkan oleh komponen piston yang sudah tidak berada dalam kondisi baik.

Selain itu, kondisi kendaraan yang susah untuk dinyalakan juga bisa dikarenakan komponen busi yang mulai aus, karburator yang rusak dan masih banyak lagi lainnya. Maka dari itu, kamu harus mengecek kondisi kendaraan secara berkala agar dapat memastikan bahwa seluruh komponen berada dalam kondisi yang cukup prima.

 

  1. Oli cepat habis

Tanda piston motor rusak berikutnya adalah oli cepat habis. Ketika motor mengeluarkan asap putih dalam jumlah banyak, maka kamu harus menghentikannya dan jangan memaksa untuk menjalankan motor tersebut. Hal ini dapat memicu timbulnya masalah baru seperti oli yang lebih cepat habis.

Ini dikarenakan kondisi piston yang sudah rusak dapat memicu oli pada mesin motor ikut terbakar. Alhasil, kuantitas oli yang ada di dalamnya pun akan perlahan menyusut hingga habis seluruhnya. Kalau sudah begitu, mesin motor akan kehilangan pelumasnya dan membuatnya bekerja lebih keras untuk menggerakkan kendaraan. Hal ini akan menimbulkan masalah baru dan kerusakan pada komponen lain yang masih berkaitan.

 

  1. Suara mesin kasar

Nah, terakhir masalah yang juga bisa muncul saat piston motormu rusak adalah suara mesin motor yang terdengar lebih kasar tidak seperti biasanya. Namun, meski demikian suara kasar pada motor juga bisa disebabkan oleh faktor yang lain.

Jadi tak melulu perkara piston yang rusak, namun bisa juga terkait dengan lifter, kopling, laher, mesin yang sudah aus dan masih banyak lagi lainnya. Satu-satunya solusi adalah dengan membawanya ke bengkel resmi untuk di-service sekaligus mencari tahu dari mana suara kasar motor tersebut berasal.

Demikian tanda piston motor rusak yang harus kamu tangani sejak dini agar tidak menimbulkan masalah baru yang lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya