Kulit Kering dan Kusam Bisa Jadi Tanda Penyakit Jantung, Baca Ini!
Ilustrasi kulit kusam dan kering (Freepik).

Solopos.com, SOLO -- Tanda-tanda penyakit jantung juga bisa dikenali melalui kondisi kulit Anda.

Hal tersebut diungkap oleh ahli dermatologi di Jakarta, Balquist Farida. Ia mengatakan penyakit jantung ditandai dengan kulit menjadi lebih tipis, kering dan kusam.

Selain Menabung, Ini Cara Simpel Mengajarkan Anak Hemat Sejak Dini

"Kulit jadi lebih tipis, kering, dan kusam. Lalu, ini pun bisa dilihat di bagian bibir. Bukan berwarna seperti biasanya, tapi lebih biru maupun pucat," ujar Balquist yang dilansir Liputan6.com, Jumat (21/8/2020).

Hal ini dikarenakan sistem organ di tubuh manusia berhubungan langsung dengan kulit. Kondisi tersebut juga ditandai dengan berbagai macam gejala lainnya. Dan tanda yang khas dari penyakit jantung adalah nyeri pada dada bagian kiri.

Telat Haid Gak Melulu Tanda Hamil, Bisa Juga karena Ini

Tak hanya penyakit jantung, penyakit ginjal maupun liver juga bisa dikenali melalui kulit. Beberapa tandanya adalah kulit menjadi gatal bahkan gelap seperti gosong. "Bila mereka bekerja dengan baik, kulit juga bakal tampak sehat," tambah dia.

Stres Ternyata Juga Bisa Bikin Perut Buncit, Kok Bisa?

Ilustrasi penderita sakit jantung. (Freepik)
Ilustrasi penderita sakit jantung. (Freepik)

Pola Hidup Sehat

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, Anda bisa mengatur pola hidup yang sehat.

Enggak Bikin Gendut! 5 Makanan Ini Aman Dimakan Sebelum Tidu

Salah satu contoh agar terhindar dari penyakit jantung adalah menghindari makanan berkolesterol tinggi serta melakukan olahraga secara rutin, tidak merokok dan juga menjauhi minuman keras.

Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi agar jantung tetap sehat adalah ikan dan kacang-kacangan yang mengandung omega tiga, beri-berian, hingga sayur-sayuran.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Alami Tanpa Rasa Sakit

Selain dari faktor makanan, pikiran juga berpengaruh terhadap penyakit jantung. Dilansir Hellosehat.com, stres juga bisa menyebabkan penyakit jantung.

Maka dari itu, Anda diharapkan mampu untuk mengelola emosi dengan cara meditasi, yoga, maupun teknik pernapasan dalam. Jika pikiran masih belum tenang, alangkah baiknya untuk melakukan konsultasi dengan ahli kesehatan.

Dianggap Berbahaya, Ternyata Kulit Ayam Juga Punya Manfaat Lho

Awas, Kulkas Bisa Meledak Kalau Minuman Ini Disimpan di Freezer

Berita Kesehatan Terbaru

Sumber: Liputan6.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom