SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Malam lailatul qadar adalah malam istimewa sekaligus banyak ditunggu oleh umat Islam di Bulan Ramadan, kenali tanda malam seribu bulan tersebut. Dikatakan dalam surat Al-Qadar ayat 1-3, malam tersebut lebih baik dari seribu bulan.

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya [Alquran] pada lailatul qadar [malam kemuliaan]. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Sayangnya, tidak ada seorang pun yang tahu kapan malam lailatul qadar ini tiba karena memang dirahasiakan oleh Allah SWT. Namun, Nabi Muhammad SAW sendiri menyebut malam lailatul qadar jatuh pada 10 hari terakhir Bulan Ramadan.

Sementara itu, dikutip dari NU Online dan Bisnis.com pada Senin (27/3/2023), Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Pringsewu, KH Ridwan Syuaib menjelaskan bahwa tanda datangnya malam lailatul qadar bisa dilihat dari kondisi alam, di antaranya:

Ekspedisi Mudik 2024

1. Suasana malam begitu cerah dan terang

2. Cuaca malam hari tidak panas dan tidak dingin

3. Tidak mendung pada malam hari

4. Tidak hujan dan berangin pada malam hari

5. Tidak ada bintang berjalan pada malam hari

6. Pada siang hari cuaca cerah dan matahari bersinar, tapi tak terasa panasnya.

Setelah mengetahui tanda malam lailatul qadar, lalu amalan apa saja yang bisa dilakukan saat malam seribu bulan tersebut? Berikut ini ulasannya:

1. Membaca zikir

Zikir di sini dilantunkan sebagai tanda syukur terhadap karunia dan nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

2. Membaca Al-Qur’an

Membaca Alquran di malam lailatul qadar tidak saja mendatangkan pahala, tetapi juga menumbuhkan rasa cinta kita terhadap Alquran itu sendiri karena di dalamnya terdapat banyak petunjuk dan tanda kebesaran Allah.

3. Salat malam

Ada banyak keutamaan dalam menjalankan salat malam. Di sisi lain, salat malam juga menjadi salah satu cara untuk menjemput keberkahan Allah SWT.

4. Membaca doa

Adapun doa yang bisa Anda baca adalah sebagai berikut: “Allahumma innaka ‘affuwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni” Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Memberi Maaf dan Engkau suka memberikan maaf, menghapus kesalahan, karenanya maafkanlah aku, hapuslah dosa-dosaku.

5. Itikaf

Amalan lain yang bisa dilakukan adalah itikaf di masjid. KH Ridwan Syuaib berkata, “Kita beritikaf di masjid pada malam-malam ganjil sampai dengan subuh dengan melakukan rangkaian amalan ibadah.” Ibadah-ibadah tersebut meliputi, salat sunah, seperti tahajud. Lalu, dilanjut membaca tasbih, Al-Fatihah, dan doa yang ditujukan untuk para nabi, guru, orang tua dan anak-anak.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Masuki 10 Hari Terakhir Ramadan, Ini 6 Tanda Malam Lailatul Qadar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya