SOLOPOS.COM - tanda kampas rem motor harus diganti. (Otoloka.id)

Solopos.com, SOLO-Kenali tanda kampas rem motor harus diganti. Salah satu komponen penting dari sebuah kendaraan, termasuk motor adalah rem. Peranti ini berfungsi melakukan pelambatan kendaraan sampai berhenti untuk sebuah tujuan atau menghindarkan diri dari kecelakaan.

Dalam melakukan kerjanya, pada peranti ini terjadi gesekan pada kampas. Sehingga dalam waktu tertentu, kampas akan mengalami keausan.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Sayangnya, kampas rem ini tidak semuanya terlihat sehingga kita tidak dapat mengetahui keausan yang terjadi. Tetapi kita bisa mengamati tanda kampas rem motor mengalami keausan atau rusak sehingga harus diganti.

Sebelumnya, kita harus mengetahui jenis rem. Dikutip dari Yamahadeta, rem ada dua jenis yakni rem cakram dan rem tromol. Keduanya memiliki fungsi yang sama tetapi komponen penyusunnya berbeda.

 

Rem Cakram

Sesuai dengan namanya jenis rem ini dapat dikenali dengan mudah karena memiliki piringan atau cakram di bagian sumbu pelek. Rem cakram umumnya terbuat dari logam, serat karbon, dan juga keramik.

Motor pada umumnya menggunakan cakram logam. Sementara itu cakram dari bahan serat karbon atau keramik digunakan untuk motor berkecepatan tinggi misalnya motor balap. Rem cakram terdiri dari 6 komponen yaitu disc atau piringan, piston, brake clipper, nipple poin, dan kampas rem.

 

Rem Tromol

Rem motor sistem tromol memiliki sistem yang lebih rumit dibandingkan rem sistem cakram. Rem ini posisinya ada di tengah dan dibungkus pelek sehingga lebih ringkas. Rem tromol terdiri dari tromol rem, kampas, brake shoe, pivot pin, dan return spring.

Acuan Penggantian Rem

Kampas rem perlu diganti setelah pemakaian dalam jangka waktu tertentu. Ada beberapa hal yang dapat menjadi indikator atau acuan untuk mengganti kampas rem.

  • Mencatat waktu terakhir penggantian kampas rem

Penggantian kampas rem motor idealnya adalah 16000 km. Hal ini juga tergantung dari kondisi lalu lintas atau medan yang dilalui. Jika kamu sehari menempuh jarak 40 km, maka kampas tersebut perlu diganti setelah pemakaian 13 bulan.

  • Kampas sudah menipis

Rem pada motor akan bekerja semakin optimal ketika kampasnya tebal. Jika kampas sudah tipis atau kurang dari 2 mm, maka Kamu perlu segera menggantinya karena kemampuan untuk menekan cakramnya sudah berkurang.

Kampas rem yang sudah tipis biasanya hanya terlihat bagian besi dudukannya saja. Cara lainnya adalah melihat kondisi piston kaliper rem. Jika sudah kelihatan panjang menekan, ini juga termasuk tanda kampas sudah mulai aus. Jika hanya tersisa besi dudukan kampas, lama kelamaan akan memakan piringan dan menyebabkan piringan menjadi tipis.

 

Tanda Kampas Rem Motor Perlu Diganti

Selain melakukan pemeriksaan, kampas rem yang sudah waktunya diganti biasanya juga akan menunjukkan tanda-tanda ketika kamu menggunakan motor. Berikut ini adalah ciri-ciri ganti kampas rem motor perlu dilakukan.

 

Muncul bunyi aneh atau berdecit saat mengerem

Ini merupakan salah satu tanda kampas rem motor mulai menipis dan perlu diganti. Suara yang muncul biasanya seperti gesekan logam saat mengerem. Suara ini biasanya muncul ketika rem sudah kotor atau basah. Tetapi dalam kasus tersebut suara tersebut akan hilang jika rem sudah kering atau dibersihkan.

 

Tuas rem harus ditarik lebih dalam

Ciri kampas rem mulai habis ini biasanya sering dirasakan pada jenis rem tromol. Kondisi kampas yang tipis akan memperbesar jarak dinding cakram dengan dinding muka kampas sehingga menyebabkan jarak tarik tuas rem semakin jauh.

 

Batas aus

Kampas rem memiliki indikator keausan yang bisa dilihat dengan mudah. Indikatornya berupa lubang yang membentuk garis di dinding kampas. Jika lubang garis mulai menipis atau sudah tidak terlihat, maka ini tanda kampas perlu diganti.

 

Minyak rem berkurang

Kampas rem yang mulai aus biasanya memerlukan lebih banyak minyak rem. Hal ini akan berujung pada sistem pengereman yang kurang maksimal.

 



Tercium bau terbakar

Ditambahkan dari Wahanahonda, tanda kampas rem motor harus diganti adalah adanya bau terbakar. Akibat pergesekan dua komponen yang terbuat dari besi, dalam kondisi panas pula, maka langsung akan menimbulkan bau seperti terbakar pada kendaraan.

 

Akibat Kampas Rem Tidak Segera Diganti

 

  1. Rawan Kecelakaan

Pada saat kampas sudah habis, maka kinerjanya pasti tidak bisa maksimal. Akibatnya akan timbul risiko kecelakaan.

 

  1. Merembet Rusak ke Komponen Lain.

Pergesekan dua komponen yang sama-sama terbuat dari besi, akan menimbulkan beberapa akibat. Misalnya, timbulnya bunyi berdecit akibat gesekan. Juga munculnya bau seperti terbakar pada bagian belakang mesin. Hal yang paling fatal akibat adanya gesekan terus menerus, akibatnya kedua komponen yaitu rem dan roda akan mengalami aus dan perubahan bentuk.

 

Apabila sampai pada tahap ini, yang terjadi bukan hanya membahayakan bagi pengendara, tetapi juga akan menimbulkan kerusakan-kerusakan pada komponen lain lain. Jika harus mengganti komponen dengan yang baru, artinya akan menambah pengeluaran untuk memperbaiki komponen.

 

Demikian informasi tentang tanda kampas rem motor harus diganti.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya