SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Ramadan adalah bulan yang istimewa dan penuh berkah. Ramadan terasa semakin spesial dengan datangnya lailatulkadar. Lailatulkadar adalah malam yang sangat istimewa ini disambut seperti tamu agung. Setiap muslim berlomba-lomba melakukan kebaikan demi mendapatkan rahmat saat lailatulkadar tiba.Tahukah Anda apa itu lailatulkadar?

Dalam Alquran surat Al-Qadr, Allah berfirman, lailatulkadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Nabi Muhammad memang tidak menjelaskan detail kapan lailatulkadar terjadi dalam risalahnya. Sejumlah ulama yang merupakan pewaris Nabi menjelaskan, lailatulkadar datang pada malam ganjil di 10 hari terakhir Ramadan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Lailatulkadar dirahasiakan agar umat Islam selalu beribadah dan memperbanyak amal salih sejak awal Ramadan. Tapi, ada berbagai tanda yang diberikan Allah atas datangnya malam istimewa tersebut. Oleh sebab itu, setiap muslim diperintahkan untuk memperbanyak amal salih sejak Ramadan datang demi menyongsong lailatulkadar.

Sejumlah ulama percaya para malaikat turun ke bumi dan Allah membuka pintu ampun dengan lebar saat lailatul qadar tiba. Siapapun yang meminta maaf bakal dikabulkan permintaannya oleh Allah. Orang yang berdoa dengan sungguh-sungguh niscaya bakal dikabulkan.

Pakar tafsir Alquran, Quraish Shihab, dalam bukunya, Lentera Alquran: Kisah dan Hikmah Kehidupan, sebagaimana dikutip Solopos.com, Sabtu (25/5/2018), menyebut lailatul qadar sebagai malam yang sangat mulia. Dia mengibaratkan lailatulkadar sebagai tamu agung yang hendak berkunjung ke suatu tempat. Maka, kedatangan lailatulkadar semestinya disambut dengan meriah.

“Sambutlah lailatulkadar dengan menyucikan diri. Memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah dan melakukan berbagai kegiatan positif. Boleh jadi sekian banyak orang menyambutnya, namun dia (lailatulkadar) datang ke tempat yang tak terduga,” kata Quraish Shihab dalam video ceramahnya di Youtube.

Lantas, bagaimana tanda datangnya lailatul qadar? Hal itu dijelaskan melalui firman Allah dalam surat Al Qadr. Pertama, lailatulkadar ditandai dengan turunnya malaikat ke bumi. Jadi, orang yang mendapat lailatulkadar akan merasa damai dan selalu dibimbing ke arah kebaikan.

“Orang yang memperoleh lailatulkadar biasanya merasa selalu dibimbing oleh malaikat. Selalu ada kedamaian dalam hidupnya. Itu tanda yang paling jelas,” sambung Quraish Shihab.

Lantas, apakah lailatulkadar selalu terjadi pada malam ganjil? Jawabannya tidak. Tidak ada kepastian bahwa lailatulkadar tejadi pada malam ganjil.

“Nabi Muhammad tidak menyebutkan pasti kapan lailatulkadar datang. Beliau hanya menyebut kemungkinan terjadinya pada malam ganjil, tapi itu bukan suatu hal yang mutlak. Jadi, semestinya kita menyambut sejak awal Ramadan. Bahkan, Nabi mengajarkan kita mulai menyiapkan diri sejak bulan Rajab agar patut menerima kedatangan tamu agung, lailatul kadar,” tutup Quraish Shihab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya