Tutup Iklan

Tanaman Rambat Ini Bakal Bikin Rumah Jadi Sejuk dan Estetik

Dinding berbahan kayu memang tidak disarankan untuk media tanaman rambat, karena tanaman ini akan cenderung merusaknya sehingga dinding kayu tersebut melunak dan busuk.

Tanaman Rambat Ini Bakal Bikin Rumah Jadi Sejuk dan Estetik

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tanaman rambat membuat sejuk rumah freepik)

Solopos.com, SOLO – Sebagian orang beranggapan bahwa tanaman yang merambat di dinding akan merusak bagian depan rumah. Namun, tanaman rambat tidak selalu membawa masalah yang merusak dinding rumah, jika kawasan dan bahan pembuat dinding rumah tepat.

Dinding berbahan kayu memang tidak disarankan untuk media tanaman rambat, karena tanaman ini akan cenderung merusaknya sehingga dinding kayu tersebut melunak dan busuk. Hal ini dapat terjadi karena kondisi yang lembap serta penetrasi dari akar tanaman.

Dengan perawatan dan media rambat yang tepat, tanaman ini justru membuat rumah semakin indah dan hijau. Selain itu, tanaman rambat dapat membuat suasana rumah menjadi sejuk dan segar walaupun sedang musim kemarau.

Beton Hijau, Solusi Bahan Bangunan Ramah Lingkungan

Musim kemarau di Indonesia berlangsung selama April–September, dengan suhu udara mencapai 32-35 derajat Celcius. Tingginya suhu udara selama kemarau, membuat masyarakat mau tidak mau harus menyalakan kipas angin atau air conditioner (AC) untuk membuat rumah selalu sejuk.

Namun, penggunaan alat elektronik tersebut dapat membuat tagihan listrik melonjak dan mengancam kesehatan pemiliknya. Untuk itu, menanam tanaman jenis ini dapat menjadi solusi agar rumah tetap sejuk dan segar tetapi tetap estetik.

Bisa Menular Lewat Hewan, Ini Gejala Dan Cara Pencegahan Brucellosis

Menghadirkan kesan sejuk dan segar

Berikut merupakan tanaman rambat terbaik untuk rumah Anda dan cocok tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia.

1. Tanaman rambat dolar
Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini banyak dijumpai merambat di dinding-dinding rumah di Indonesia. Memiliki warna hijau cerah dan mengkilap, tanaman ini dapat menghadirkan kesan yang sejuk dan segar untuk rumah Anda. Proses perambatannya pun mudah dan cepat, selain itu tanaman ini tidak mudah mati karena memiliki akar yang kuat.

2. Daun sirih merah
Sekilas, tanaman ini sangat mirip dengan sirih hijau dan lada karena bentuk daun ketiganya sama. Yang membedakan dari keduanya, tanaman sirih merah memiliki corak yang khas berwarna putih keabu-abuan yang mengkilap pada bagian atasnya dan warna merah terang di bagian bawah daunnya. Warna dan corak yang indah ini akan membuat rumah Anda semakin estetik.

3. Morning glory
Tanaman ini banyak dijumpai di Indonesia karena beriklim tropis. Keunggulan dari tanaman ini adalah dapat tumbuh subur di udara yang sangat panas dan dingin sekalipun. Bunga ungu yang mekar setiap pagi tentu akan mempercantik rumah Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini

Telantar 1,5 Jam di RS, Pasien Covid-19 di Sragen Dibawa Pulang Keluarga

Keluarga pasien asal Sragen Kulon, Kecamatan Sragen, dibuat kesal karena tidak ada rumah sakit yang mau merawat pasien tersebut setelah dinyatakan positif Covid-19.

Jaga Kota Solo Aman, Ormas dan Polisi Harus Lakukan Ini

Kondisi keamanan dan ketertiban Kota Solo merupakan barometer keamanan dan ketertiban skala Nasional. Oleh karenanya rasa persatuan dan kesatuan harus selalu terjaga.

Positif Covid-19, Tujuh Anggota TNI Jalani Karantina Di Benteng Vastenburg Solo

Tujuh anggota TNI positif Covid-19 saat hendak menjalankan tugas TMMD dan saat ini menjalani karantina di Benteng Vastenburg Solo.

4 Warga Meninggal Kena Covid-19, 1 Gang di Kota Mojokerto Lockdown

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, mengatakan saat ini tracing diperluas ke Sidomulyo gang 3.

Gas! Rute ke Gunung Telomoyo Magelang Pacu Adrenalin

Pengunjung yang akan ke puncak Gunung Telomoyo Magelang harus mempunyai kemampuan bersepeda motor yang baik agar sampai tujuan.

Duh! Gara-Gara Postingan Di Medsos, 6 Orang Rusak 2 Rumah Dan Aniaya Warga Mojogedang Karanganyar

Enam orang ditangkap polisi karena nekat rusak rumah warga Mojogedang, Karanganyar, gara-gara tersinggung dengan postingan di media sosial.

Prediksi Italia Vs Swiss: Misi Amankan Tiket 16 Besar

Timnas Italia berpotensi menjadi tim pertama yang menyegel tiket ke fase gugur Euro 2020 tapi harus menumbangkan Swiss dalam laga kedua Grup B.

Selamat, Warga Miri Sragen Dapat Grandprize Mobil dari BRI

Nasabah BRI Unit Gemolong II, Sragen, Wahyuningsih, mendapat hadiah mobil Suzuki All New Ertiga dalam Panen Hadiah Simpedes Semester II 2020.

Cegah Covid-19, Yuk Bikin Hand Sanitizer dari Ekstrak Daun Mangga

Tim pengabdian Riset Grup Plasma Science and Technology FMIPA UNS menggelar pelatihan pembuatan hand sanitizer berbahan alami cegah Covid-19.

1 Lagi Pasien Covid-19 Dari Klaster Masjid Paulan Karanganyar Meninggal

Jumlah kasus positif Covid-19 yang meninggal dari klaster masjid di Paulan, Colomadu, Karanganyar, bertambah satu orang.

Kasus Covid-19 Melonjak, PLN Jaga Keandalan Listrik Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan

PLN berupaya memastikan keandalan pasokan listrik, khususnya untuk tempat-tempat vital penanganan pasien Covid-19.

37 Adegan Ungkap Fakta-Fakta Pembunuhan Wanita di Waduk Kembangan Sragen

Tersangka pembunuhan wanita di Waduk Kembangan, Karangmalang, Sragen, memeragakan 37 adegan pada rekonstruksi yang digelar Polres.