Tanaman Rambat Ini Bakal Bikin Rumah Jadi Sejuk dan Estetik
Ilustrasi tanaman rambat membuat sejuk rumah freepik)

Solopos.com, SOLO – Sebagian orang beranggapan bahwa tanaman yang merambat di dinding akan merusak bagian depan rumah. Namun, tanaman rambat tidak selalu membawa masalah yang merusak dinding rumah, jika kawasan dan bahan pembuat dinding rumah tepat.

Dinding berbahan kayu memang tidak disarankan untuk media tanaman rambat, karena tanaman ini akan cenderung merusaknya sehingga dinding kayu tersebut melunak dan busuk. Hal ini dapat terjadi karena kondisi yang lembap serta penetrasi dari akar tanaman.

Dengan perawatan dan media rambat yang tepat, tanaman ini justru membuat rumah semakin indah dan hijau. Selain itu, tanaman rambat dapat membuat suasana rumah menjadi sejuk dan segar walaupun sedang musim kemarau.

Beton Hijau, Solusi Bahan Bangunan Ramah Lingkungan

Musim kemarau di Indonesia berlangsung selama April–September, dengan suhu udara mencapai 32-35 derajat Celcius. Tingginya suhu udara selama kemarau, membuat masyarakat mau tidak mau harus menyalakan kipas angin atau air conditioner (AC) untuk membuat rumah selalu sejuk.

Namun, penggunaan alat elektronik tersebut dapat membuat tagihan listrik melonjak dan mengancam kesehatan pemiliknya. Untuk itu, menanam tanaman jenis ini dapat menjadi solusi agar rumah tetap sejuk dan segar tetapi tetap estetik.

Bisa Menular Lewat Hewan, Ini Gejala Dan Cara Pencegahan Brucellosis

Menghadirkan kesan sejuk dan segar

Berikut merupakan tanaman rambat terbaik untuk rumah Anda dan cocok tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia.

1. Tanaman rambat dolar
Tanaman yang berasal dari Asia Tenggara ini banyak dijumpai merambat di dinding-dinding rumah di Indonesia. Memiliki warna hijau cerah dan mengkilap, tanaman ini dapat menghadirkan kesan yang sejuk dan segar untuk rumah Anda. Proses perambatannya pun mudah dan cepat, selain itu tanaman ini tidak mudah mati karena memiliki akar yang kuat.

2. Daun sirih merah
Sekilas, tanaman ini sangat mirip dengan sirih hijau dan lada karena bentuk daun ketiganya sama. Yang membedakan dari keduanya, tanaman sirih merah memiliki corak yang khas berwarna putih keabu-abuan yang mengkilap pada bagian atasnya dan warna merah terang di bagian bawah daunnya. Warna dan corak yang indah ini akan membuat rumah Anda semakin estetik.

3. Morning glory
Tanaman ini banyak dijumpai di Indonesia karena beriklim tropis. Keunggulan dari tanaman ini adalah dapat tumbuh subur di udara yang sangat panas dan dingin sekalipun. Bunga ungu yang mekar setiap pagi tentu akan mempercantik rumah Anda.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom