Tutup Iklan

Tanaman Pemakan Serangga Milik Pemuda Madiun Sempat Ditawar Rp2 Juta

Fatkhul Roin memiliki hobi yang unik dengan membudidaya tanaman karnivora atau pemakan serangga. Tanamannya sempat ditawar Rp2 juta.

 Pemuda dari Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun berhasil membudidayakan tanaman karnivora, Kamis (29/9/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

SOLOPOS.COM - Pemuda dari Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun berhasil membudidayakan tanaman karnivora, Kamis (29/9/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN – Fatkhul Roin memiliki hobi yang unik dengan membudidaya tanaman karnivora atau pemakan serangga. Tanaman milik pemuda asal Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, itu pun sempat ditawar Rp2 juta.

Fatkhul Roin ternyata memiliki puluhan tanaman karnivora dengan belasan jenis. Paling banyak yang dikoleksi adalah jenis tanaman kantong semar. Tanaman kantong semar berjenis rafflesiana itu berhasil dibudidayakan dan kini sudah berkembang.

Kantong semar itu pun sudah berkali-kali berbunga. Bahkan, sempat ada yang ingin membeli tanaman itu dengan harga Rp2 juta. Tetapi, dengan terpaksa dia menolak tawaran itu.

Baca Juga: Unik! Pemuda Madiun Budidaya Tanaman Karnivora Pemakan Serangga

“Sebenarnya harga jualnya tidak sampai segitu, Rp2 juta. Paling cuma Rp500.000. Ini tidak saya jual karena ini memiliki nilai sejarah. Tanaman pertama saya,” kata dia saat ditemui di rumahnya, Kamis (29/9/2021).

Dia bercerita baru memulai menanam tanaman karnivora ini tiga tahun lalu. Alasannya memilih tanaman karnivora ini sebagai hobi baru agar berbeda dengan yang lain. “Selain ingin berbeda, saya itu teringat pelajaran saat sekolah dulu tentang tanaman kantong semar. Dari situ saya mulai tertarik,” kata pemuda berusia 24 tahun itu.

Saat itu, dia membeli sepuluh tanaman karnivora. Tetapi, hanya bertahan beberapa hari saja setelah itu mati semua. Kemudian dia pun kembali membeli tanaman karnivora jenis kantong semar di Surabaya dengan harga Rp50.000.

Baca Juga: Banyak Sekolah di Madiun Rusak, Pemkot Kucurkan Rp18 Miliar

Untuk makan, tanaman ini biasanya mendapatkan makanannya sendiri yaitu serangga yang berada di kantongnya. Tetapi sebulan sekali, kata Roin, tanaman-tanaman itu diberi suplemen berupa ulat hongkong.

“Jadi kalau makanan yang harian ya dikasih serangga,” kata dia.


Berita Terkait

Berita Terkini

Korban Meninggal 43 Orang, Evakuasi Sempat Terhenti karena Awan Hitam

Korban meninggal akibat erupsi Semeru menjadi 43 orang hingga Kamis (9/12/2021) pukul 12.00 WIB, tetapi evakuasi sempat dihentikan sementara karena awan hitam pekat di sekitar Curah Kobokan.

Tim SAR Sisir 2 Desa, Cari 13 Korban Erupsi Semeru yang Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan fokus menyisir Desa Sumberwuluh dan Curah Kobokan untuk mencari 13 orang warga yang dinyatakan hilang pascaerupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Sabtu (4/12/2021).

31 Dokter Hewan Cek Kesehatan Ternak Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Sebanyak 31 dokter hewan tergabung dalam PDHI 7 Jatim melayani pemeriksaan hewan ternak terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang secara door to door.

Pemkab Lumajang Persiapkan Relokasi Warga Korban Letusan Semeru

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang tengah mempersiapkan langkah untuk melakukan relokasi bagi warga wilayah tersebut yang menjadi korban letusan Gunung Semeru.

Waduh, Pengangguran di Kota Malang Tambah 1.300 Orang Gegara Pandemi

Badan Pusat Statistik atau BPS mencatat angka pengangguran di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim), bertambah selama pandemi Covid-19.

Jelang Nataru, Gerai Vaksinasi Covid-19 Dibuka Lagi di Madiun

Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022, Pemerintah Kota Madiun membuka gerai vaksinasi Covid-19 di Sumber Wangi.

Berebut 153 Kursi, 362 Peserta Ikut SKB CPNS Ponorogo

Sebanyak 362 peserta akan mengikuti seleksi kompetensi bidang atau SKB CPNS di lingkungan Pemkab Ponorogo, Jawa Timur (Jatim).

Tragis! Adu Kuat Menyelam, Gadis 12 Tahun di Banyuwangi Meninggal

FA, gadis berusia 12 tahun asal Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi. Ia tenggelam di kolam pemandian orang dewasa.

Genjot PAD, DPRD Ponorogo Dukung Pengembangan Usaha PD Sari Gunung

DPRD Kabupaten Ponorogo mendukung langkah Pemkab Ponorogo yang akan melakukan pengembangan usaha Perusahaan Daerah (PD) Sari Gunung untuk menggenjot PAD.

Demi Ini, Korban Erupsi Semeru Jadi Penunjuk Jalan Tim Rescue

Kisah pria paruh baya yang disebut-sebut menjadi penunjuk jalan sukarela bagi tim rescue erupsi Gunung Semeru karena ingin mencari anaknya yang hilang saat bencana alam tersebut.

Alhamdulillah, Gaji Pekerja Upahan di Pasar Madiun Naik Rp200.000/Bulan

Para pekerja upahan di pasar tradisional di Kota Madiun mulai tahun depan akan mengantongi gaji Rp1,8 juta hingga Rp2 juta.

Bertambah, Korban Meninggal 35 Orang Akibat Erupsi Gunung Semeru

Korban meninggal akibat erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur bertambah menjadi 35 orang hingga Rabu (8/12/2021) pagi.

Viral Aksi Sukarelawan Tolong Seekor Bebek Terjebak Abu Vulkanik Semeru

Viral video beberapa orang sukarelawan menyelamatkan seekor bebek yang terjebak abu vulkanik dampak dari guguran awan panas Gunung Semeru.

Dampak Erupsi Semeru, 22 Orang Dilaporkan Masih Hilang

Sebanyak 22 orang dilaporkan masih hilang atau belum ditemukan akibat erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jatim, akhir pekan lalu.

Perbaikan LRT Jabodebek Tunggu Komponen dari Spanyol

Direktur Utama PT Industri Kereta Api (Inka), Budi Noviantoro, menyampaikan progres perbaikan kereta LRT Jabodebek sudah mencapai 60%.