SOLOPOS.COM - Ilustrasi jahe (Healthyeating.sfgate.com)

Desa Harjobinangun merupakan pemenang dalam Lomba Pemanfaatan TOGA Tingkat Nasional.

Harianjogja.com, SLEMAN- Ketua Tim Penggerak PKK Pusat Ny Erni Guntarti Tjahjo Kumolo meninjau lokasi pemanfaatan tanaman obat keluarga atau Toga di Desa Harjobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Rabu (31/8/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tinjauan ini bersamaan dengan dilakukannya verifikasi Lomba Pemanfaatan Hasil Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Tingkat Nasional, Ketua PKK Pusat dalam peninjauan didampingi, Ketua PKK DIY GKBRA A Paku Alam X dan Ketua PKK Kabupaten Sleman Kustini Sri Purnomo, melakukan peninjauan pertama dilokasi tanah kas desa Harjobinangun yang tandus.

Oleh ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) setempat, lahan tersebut dimanfaatkan untuk menanam 211 jenis tanaman obat yang berkasiat bagi kesehatan tubuh.

Selain itu juga terdapat kolam ikan untuk terapi serta aneka tanaman hias, sehingga tempat ini selain dapat dimanfaatkan untuk sarana berobat, sarana belajar juga dapat sebagai sarana rekreasi keluarga.

Selanjutnya tim menuju kediaman Agus Beji yang juga terdapat aneka Toga dan pemanfaatannya serta ramuan herbal. Perjalanan menuju rumah Agus melewati area pemanfaatan kebuh jahe.

Selanjutnya tim kembali melihat kegiatan hasil olahan Toga seperti jamu gendong, produk herbal, aneka jus, pelatihan toga, wisata toga di Kediaman Ir Nurdani.

Di tempat ini Tim juga melakukan penilaian lebih mendalam tentang pemanfaatan toga di Desa Harjobinangun yang disajikan dalam display yang digelar para pengelola yang kebanyakan dari Kelompok Wanita Tani Desa Harjobinangun Pakem.

Bupati Sleman Sri Purnomo dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Sri Murni Rahayu mengatakan proses verifikasi yang dilakukan tim pusat diharapkan dapat mengantarkan Desa Harjobinangun sebagai pemenang dalam Lomba Pemanfaatan Hasil Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Tingkat Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya