Tutup Iklan

TANAMAN LANGKA : Begini Cara Unika Wima Madiun Membudidayakan Suweg…

 Tanaman suweg tumbuh di kampus Unika Wima Madiun, Jatim, Sabtu (21/11/2015). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Madiunpos.com)

SOLOPOS.COM - Tanaman suweg tumbuh di kampus Unika Wima Madiun, Jatim, Sabtu (21/11/2015). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Madiunpos.com)

Tanaman langka suweg dicoba dibudidayakan di kampus Unika Wima Madiun.

Madiunpos.com, MADIUN – Universitas Katolik (Unika) Widya Mandala (Wima) Madiun berhasil membudidayakan tanaman suweg (Amorphophallus variabilis) yang masih berkerabat dekat dengan bunga bangkai (Amorphophallus titanium), porang (Amorphophallus muelleri), dan
konjac (Amorphophallus konjac).

Dosen Program Studi (Prodi) Biologi Unika Wima Madiun, Leo Eladisa Ganjari, menjelaskan tanaman suweg bisa dibudidaya masyarakat selayaknya porang yang selama ini bahkan sudah menjadi komoditas ekspor. Menurut dia, tanaman suweg berasal dari tunas-tunas yang banyak keluar dari umbi. Bibit tanaman suweg, lanjut Leo, sebaiknya ditanam pada musim penghujan.

“Kami mendapat bibit tanaman suweg dari Bogor. Kami sebenarnya ingin juga mencoba menanam bungai bangkai tapi belum tersedia bibit. Kami menanam suweg sejak tiga tahun yang lalu. Hasilnya tampak pada tanaman suweg yang sudah tumbuh dalam bentuk bunga,” kata Leo saat berbincang dengan Madiunpos.com di Kampus Unika Wima Madiun, Sabtu (21/11/2015).

Sebelum bibit tanaman suweg ditanam, Leo menerangkan, media tanah terlebih dahulu digemburkan. Tanah yang gembur lantas dibuat lubang tanam seukuran dengan bibit tanaman suweg. Setelah bibit ditanam, tunas tanaman suweg ditimbun kembali dengan tanah beserta seresah dedaunan yang juga berfungsi sebagai pupuk.

“Suweg bisa menjadi makanan cadangan pertama setelah nasi. Budidaya suweg sama saja melakukan antisipasi terhadap krisis beras dan umbi-umbi yang bisa terjadi kapan saja. Suweg juga punya banyak manfaat apabila dikonsumsi, salah satunya memberi pertahanan pada tubuh terhadap munculnya berbagai penyakit,” jelas Leo.

Bisa 5 Kg

Dosen Program Studi (Prodi) Biologi Unika Wima Madiun, Leo Eladisa Ganjari menunjukkan tanaman suweg yang tumbuh di kampus Unika Wima Madiun, Sabtu (21/11/2015). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Madiunpos.com)


Dosen Program Studi (Prodi) Biologi Unika Wima Madiun, Leo Eladisa Ganjari menunjukkan tanaman suweg yang tumbuh di kampus Unika Wima Madiun, Sabtu (21/11/2015). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Madiunpos.com)

Menurut Leo, suweg termasuk tanaman yang suka naungan sehingga penanaman sebaiknya berada di sekitar atau di bawah pohon rindang. Dia menyarankan penggemburan tanah mesti dilakukan secara rutin agar memudahkan umbi suweg melakukan pertumbuhan.

Leo menyebut pertumbuhan umbi tanaman suweg bisa mencapai berat 5 kg. “Umbi tanaman suweg yang telah menempuh tiga periode dalam waktu tiga tahun tidak terlalu baik untuk dikonsumsi karena berukuran cenderung kecil. Sari-sari dalam umbi sudah habis untuk pertumbuhan bunga. Biasanya, pada tahun pertama umbi memang tidak dipanen melainkan hanya dibalik posisinya. Pada tahun kedua umbi suweg barulah dipanen. Cara
ini diyakini dapat meningkatkan ukuran umbi secara signifikan,” jelas Leo.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap


Berita Terkait

Berita Terkini

Bupati Bandung Wajibkan ASN Nyanyikan Indonesia Raya Sebelum Bekerja

Bupati Bandung juga mewajibkan ASN untuk menyanyikan atau mendengarkan lagu Halo-Halo Bandung sebelum pulang kantor.

Pantau Kesehatan Dengan Jam Pintar Huawei Watch GT 3

Jam tangan pintar Huawei Watch GT 3 ini juga memiliki fitur pemantauan kesehatan pemakainya sepanjang hari, dan lebih akurat.

100 Warga Antre Bantuan, BLT Covid-19 Malah Disikat Kades

Pencairan dana BLT Covid-19 masing-masing tahap Rp30 juta untuk 100 keluarga penerima manfaat (KPM).

Waduh! Separuh Sanggar Seni di Kota Solo Sudah Tidak Aktif, Kenapa Ya?

Separuh dari 100-an sanggar seni yang ada di Kota Solo saat ini terpaksa vakum alias tidak aktif karena berbagai faktor, salah satunya biaya operasional.

FPKS DPRD Solo: Larang Konsumsi Daging Anjing Tak Harus Buat Perda

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka didorong segera mengeluarkan regulasi untuk larang perdagangan dan konsumsi daging anjing, bentuknya tak harus perda.

Sejarah Hari Ini: 30 November 2004, Lion Air JT 538 Tergelincir di Solo

Beragam peristiwa terjadi di dunia pada 30 November salah satunya tragedi tergelincirnya pesawat Lion Air di dekat Bandara Solo

Terlalu! Gubernur Sulsel Rela Korupsi Demi Belikan Jetski untuk Anak

Selain hukuman badan, majelis hakim juga mewajibkan Nurdin Abdullah membayar uang pengganti sebesar Rp2,187 miliar dan 350 ribu dolar Singapura subsider 3 tahun penjara.

Suami Istri di Pontianak Kompak Jual Sabu dan Ekstasi

Keduanya kami amankan berdasarkan informasi dari masyarakat ada pasangan suami istri diduga sedang membawa narkotika.

Kebiasaan Tidur yang Buruk Bikin Orang Merasa Tua, Ini Penjelasannya

Tim peneliti melaporkan ada hubungan penting antara kebiasaan tidur yang buruk dan merasa lebih tua secara umum.

Kecelakaan Karambol di Salatiga, Truk Tabrak 5 Mobil, 1 Meninggal

Kecelakaan karambol yang melibatkan truk dan lima kendaraan lain terjadi di Jalan Lingkar Selatan atau JLS Salatiga, Senin (29/11/2021) malam.

Gegara Kalah Pilkades, Calon Kades Petahana di Jember Blokade Jalan

Gegara kalah dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) Plerean, Kecamatan Sumberjambe, Jember, calon kepala desa petahana memblokade beberapa jalan.

Ini Dia Tukang Cukur Terkaya Pemilik 400 Mobil

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, Ramesh Babu memutuskan mulai menjalankan pangkas rambut yang ditinggalkan mendiang ayahnya.

Bacakan Pembelaan, Nani Terdakwa Satai Beracun Sisipkan Pesan Ini

Terdakwa kasus satai beracun, Nani Apriliani Nurjaman, 25, menyampaikan sejumlah permohonan kepada majelis hakim PN Bantul saat membacakan pembelaan, Senin (29/11/2021).

Marak Penipu Bermodus Beli Kendaraan, Ini Tips dari Kapolres Sukoharjo

Kapolres Sukoharjo membagikan sejumlah tips agar terhindar dari aksi penipu yang berpura-pura hendak membeli kendaraan namun kemudian dibawa kabur sebelum dibayar.

Kembali Tampil di Konser Offline, Ini yang Dirasakan BTS

Kini BTS akhirnya harus kembali tampil offline dengan tampil di SoFi Stadium, Los Angeles, dalam konser pertama mereka sejak 2019.

Banjir Bandang Landa Wonosoco Kudus, 62 Rumah Warga Terdampak

Banjir bandang kembali melanda Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengakibatkan 62 rumah dan satu tempat wisata terdampak.