SOLOPOS.COM - Longsor yang menutup jalan di Kulonprogo. - Istimewa

Solopos.com, KULONPROGO — Tanah longsor menerjang Dusun Plampang II, Kalurhaan Kalirejo, Kapanewon Kokap, Kulonprogo, DI Yogyakarta, Kamis (19/5/2022) malam. Enam keluarga di dusun tersebut terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Bukan hanya itu, tanah longsor juga menutup akses jalan di dusun tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Pelaksana BPBD Kulonprogo, Joko Satyo Agus Nahrowi, menjelaskan longsor terjadi akibat hujan lebat yang terjadi  1 jam – 1,5 jam pada Kamis (19/05/2022) sekitar pukul 17.00 WIB.

“Kemudian malam terjadi longsoran menutup jalan setelah Isya,” ujarnya kepada Harian Jogja, Jumat (20/05/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Suami Dibunuh Selingkuhan Istri di Kulonprogo, Ini Hasil Autopsinya

Menurutnya sebelum terjadi longsor banjir yang terjadi sudah membawa material berupa lumpur dan batu. Akibatnya, gorong-gorong menjadi tertutup dan banjirnya melewati jalan.

Sebanyak enam keluarga mengungsi di malam hari. Sementara saat siang hari mereka kembali lagi ke rumah.

Lokasi pengungsian sendiri berada di rumah warga lain yang berlokasi di tempat aman. Kebutuhan logistik bagi pengungsi sudah dipenuhi oleh BPBD Kulonprogo.

Baca Juga: Kasus Penyakit Mulut & Kuku pada Hewan Ternak Ditemukan di Kulonprogo

“[kerugian] sementara belum inventarisasi. Yang jelas jalan tertutup jalan harus dikendalikan, kita evakuasi besok pagi [sabtu]. Insyaallah alat berat sudah di lokasi,” jelasnya.

Joko menyebut sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan rumah warga. Dia menyebut longsor di Plampang II bukan kali ini saja, bulan April lalu juga terjadi longsor bahkan menyebabkan kerusakan pada rumah warga.

“Rumah terdampak di banjir pertama dulu di bulan yang lalu. Untuk saat ini belum ada laporan kerusakan rumah. Ini parahan yang kemarin,” paparnya.

BPBD Kulonprogo sudah mengedukasi warga bersama dengan perangkat setempat untuk bersiap dalam kondisi-kondisi darurat.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Longsor di Plampang II Kulonprogo Tutup Jalan, 6 Keluarga Mengungsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya