SOLOPOS.COM - Ilustrasi tanah longsor (JIBI/Solopos/Antara)

Tanah longsor di Desa Purwosari sepanjang tiga meter, tinggi enam meter yang menyebabkan jalan dusun terputus.

Harianjogja.com, KULONPROGO – Hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Kulonprogo, menyebabkan kawasan Bukit Menoreh terjadi beberapa retakan tanah dan potensi longsor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anggota Tagana Kecamatan Girimulyo Sutikno di Kulon Progo, Minggu, mengatakan tanah longsor di Desa Purwosari sepanjang tiga meter, tinggi enam meter yang menyebabkan jalan dusun terputus, dan retakan berpotensi longsor 3-6 meter.

“Di bawah longsoran dan retakan ada satu KK dengan anggota keluarga Suratiyem, 56 dan Tunem, 82. Untuk sementara waktu diberikan imbauan bila terjadi hujan deras pindah ke tempat yang lebih aman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Sutikno seperti dikutip Antara.

Selain itu, lanjut Sutikno, tanah longsor mengenai dinding milik Anton warga Purwosari, Girimulyo. Tanah longsor juga menutup jalan Gedong-Karangrejo dengan lebar tiga meter dan tinggi lima meter dengan ketebalan satu meter.

“Semua sudah terkondisi dengan baik. Kami mengimbau masyarakat selalu waspada terkait potensi longsor, khususnya di wilayah Perbukitan Menoreh,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kulon Progo Gusdi Hartono mengatakan selain di Kecamatan Girimulyo, bencana juga terjadi di wilayah Dusun Tegalrejo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap. Sebuah pohon tumbang dan menimpa dua unit rumah hingga mengalami rusak cukup parah. Evakuasi segera dilakukan anggota SAR, Tagana, dan puluhan warga sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya