SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, JEPARA — Tanah longsor kembali terjadi di Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Selasa (22/1/2019). Bencana alam itu mengakibatkan material tanah meluncur dan menutupi jalan desa setempat.

Menurut Kepala Desa Tempur, Kecamatan Keling, Jepara, Sutoyo di tanah longsor tersebut terjadi di ruas jalan kabupaten yang merupakan jalur utama warga dari Desa Tempur menuju Dukuh Duplak. Peristiwa itu terjadi dini hari, sekitar pukul 01.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketinggian tebing yang mengalami longsor sekitar 12 m dengan lebar tebing sekitar 9 m. Akibat peristiwa tersebut, material tanah longsornya menutupi jalan serta sebagian badan jalan juga ikut mengalami longsor sehingga warga tidak bisa melintasi jalan yang menjadi akses utama warga Desa Tempur.

Sebetulnya, lanjut dia, warga sudah siap membersihkan jalan dari material jalan yang menutupi badan jalan, namun karena hujan masih turun sehingga tidak berani. Pada siang harinya, lanjut dia, terjadi bencana serupa di Dukuh Kemiren pada pukul 12.40 WIB.

Akibat kejadian tersebut, material longsoran tebing masuk dalam dua rumah warga desa setempat. Kedua rumah warga yang terdampak bencana longsor tersebut, yakni milik Sukar dan Riyanto.

Akibat peristiwa tersebut, lima keluarga dengna jumlah 20 jiwa diungsikan ke rumah tetangga yang lebih aman, meskipun material tanah longsor tidak sampai masuk rumah mereka. “Kami bersyukur tidak ada korban jiwa, sedangkan nilai kerugian masih dalam pendataan,” ujarnya.

Jumlah keluarga yang berada di Dukuh Duplak mencapai 102 keluarga.  Ia berharap bantuan alat berat segera dikirim untuk membersihkan jalan dari material longsor termasuk batu besar yang menutupi akses jalan.

Bencana tanah longsor di Desa Tempur, bukan hanya sekali terjasi. Pada 2018 lalu, bencana alam serupa juga terjadi. Kala itu, tanah longsor mengakibatkan akses jalan penghubung Desa Tempur dan Damarwulan tertutup. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya