SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI – Bencana longsor kembali terjadi di Kecamatan Karangtengah, tepatnya di jalur alternatif menuju Pacitan dan Ponorogo di Dusun Sanan, Desa Karangtengah, Kecamatan Karangtengah, Wonogiri, Minggu (15/1/2012) petang. Jalur tersebut terancam putus karena sisi selatan jalan tersebut longsor.

Anggota DPRD Wonogiri asal Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah, Indun Suyitno, mengatakan badan jalan di dekat titik longsor itu juga amblas sekitar lima sentimeter. “Pagi tadi saat saya lewat, warga sedang bekerja bakti. Saat ini jalan itu masih bisa dilewati, tetapi jika turun hujan deras, saya khawatir akan terjadi longsor yang lebih besar dan mampu memutus badan jalan,” paparnya, Senin (16/1/2012).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain menjadi jalur alternatif ke Pacitan dan Ponorogo, jalur tersebut menjadi jalan utama dari kota di Kecamatan Karangtengah ke Desa Purwoharjo. Selain itu, banyak pelajar yang menggunakan jalan itu untuk ke pergi sekolah. “Jika menggunakan mobil, sudah sulit untuk berpapasan sehingga salah satu harus mengalah. Apalagi, titik longsor sudah sampai ke tepi aspal dan menurut pengamatan saya, aspalnya juga sudah amblas sekitar lima sentimeter,” ungkapnya.

Terpisah, Camat Karangtengah, Heri Indrastiyono, mengatakan kejadian itu merupakan salah satu dari dua bencana tanah longsor yang terjadi di Karangtengah pada Minggu petang. “Ada dua kejadian tanah longsor yang masih satu dusun yakni di Dusun Sanan dan semuanya mengancam terputusnya akses jalan. Kami khawatir tanah longsor itu akan memakan badan jalan. Kami akan melapor ke Bupati agar segera ada tindakan,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, di awal tahun 2012, sudah terjadi beberapa kali tanah longsor di Karangtengah yang mengakibatkan belasan rumah warga rusak karena meterial longsoran. Selain itu, pada Sabtu (14/1/2012), seorang warga di Dusun Nayu, Desa Jeblogan, Kecamatan Karangtengah, Siswanto, 52, juga harus kehilangan nyawa karena tertimpa tebing yang runtuh di desanya akibat longsor.

JIBI/SOLOPOS/Ayu Abriyani KP


Lihat Peta Lebih Besar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya