SOLOPOS.COM - Ilustrasi bencana alam tanah longsor (Arif Wahyudi/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, BOYOLALI — Jalan di Dukuh Candi Pethak, Desa Nggenting, Kecamatan Cepogo, Boyolali, longsor sepanjang tujuh meter dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Akibat longsor ini, Solo-Selo-Borobudur (SSB) hanya bisa dilalui satu jalur jalan karena dinilai masih rawan.

Menurut Kapolsek Cepogo AKP Bambang Rusito Muryono, kejadian tersebut diketahui setelah adanya laporan dari warga, Senin (16/12/2013) pagi. Tanah longsor terjadi pada jalan yang posisinya tepat di tepi sebuah tebing.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hingga Senin petang, jajaran Polsek Cepogo terus memantau kondisi lapangan. Langkah itu dinilai strategis mengingat kondisi cuaca di seputaran Cepogo masih terus hujan hingga petang.

“Kami juga berkoordinasi dengan ‘Muspika’ Cepogo dan Dinas Pekerjaan Umum untuk menindaklanjuti kejadian longsor tersebut, seperti memasang rambu-rambu lalu lintas dan penanda bahwa ada jalan yang longsor, ” ujar Bambang, kepada Solopos.com, Senin.

Bambang menjelaskan, melihat kondisi jalan dan tanah di sekitar lokasi longsor serta drainase yang kurang representatif, maka potensi tanah longsor masih mengintai. Terlebih lagi, imbuhnya, di kala turun hujan. “Kalau hujan terus turun, kemungkinan jalan masih akan terus tergerus.”

Polisi setempat menurut Bambang terus melakukan patroli di sepanjang jalur jalan tersebut. Jika kondisinya dinilai semakin membahayakan, maka aparat Polsek akan terus membuat arus lalu lintas di jalan itu satu jalur.

Untuk jalur naik, yaitu dari arah Boyolali diperkirakan masih cukup aman untuk dilalui. “Kalau dari atas khususnya kalau dilalui mobil atau truk besar, kami kira itu cukup berbahaya. Khawatir jalannya ndak kuat,” imbuh Bambang.

Bambang melanjutkan, penyebab longsor adalah sistem drainase di desa tersebut yang kurang baik. Bahkan, jalur tersebut tidak ada got yang bisa dipakai sebagai jalur air hujan mengalir. Jika hujan terjadi, maka aliran air akan tumpah ke jalan sehingga menjadi penyebab badan jalan mudah longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya