SOLOPOS.COM - Ratu Denmark Margrethe II (kanan) didampingi suaminya, Pangeran Consort Henrik ( kedua dari kanan) menyaksikan pembuatan batik saat berkunjung ke Limanjawi Art House Dusun Tingal Kulon, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jateng, Minggu (25/10/2015 ). (JIBI/Antara Foto/Anis Efizudin)

Tamu negara Ratu Denmark melakukan kunjungan ke Candi Borobudur, Senin (26/10/2015).

Kanalsemarang.com, MAGELANG-Ratu Denmark, Margrethe II beserta rombongan mengunjungi Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (26/10/2015).

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Rombongan Kerajaan Denmark tersebut tiba di kompleks Candi Borobudur sekitar pukul 09.30 WIB dan Margrethe II langsung naik ke Candi Borobudur.

Kunjungan yang tertutup bagi pers tersebut Margrethe II naik ke lantai III Candi Borobudur untuk melihat bagian relief lalitavistara.

Petugas Balai Konservasi Borobudur yang ikut mendampingi, Mura Aristina mengatakan Ratu Margrethe II mengelilingi semua 120 panel lalitavistara yang menceritakan biografi Sang Buddha.

“Ratu Denmark sangat menikmati, bahkan ada 1/4 lorong tangga selatan sampai barat itu dikelilingi dua kali. Beliau sangat senang, apalagi ornamennya kuno sehingga sangat serius untuk mendengarkan keterangan pemandu,” katanya.

Kepala Balai Konservasi Borobudur, Marsis Sutopo mengatakan dalam waktu hampir satu jam Ratu Margrethe II benar-benar menikmati Candi Borobudur, dipandu untuk membaca relief lalitavistara dan perhatiannya besar sekali.

“Perhatiannya sangat tinggi sehingga benar-benar memperhatikan apa yang dijelaskan oleh pemandu,” katanya.

Ia menuturkan dengan kunjungan tersebut mestinya dapat menjadi daya tarik sendiri untuk menambah wisatawan, khususnya dari Eropa Utara.

Kepala Unit Taman Wisata Candi Borobudur, Chrisna Murti Adiningrum mengatakan kedatangan Ratu Margrethe II ke Candi Borobudur sangat membanggakan bagi pengelola Candi Borobudur.

“Kunjungan ini tentu membanggakan bagi kami dan saya berharap dengan kunjungan ini dapat meningkatkan jumlah wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya